Liebster Award

Cukup terkejut saat saya mendapatkan Liebster Award dari Matriphe a.k.a Zam. Liebster Award ini adalah penghargaan dari blogger untuk blogger lainnya yang dianggap layak untuk dikunjungi.

Sebenarnya ini bukan hal baru bagi para blogger, saya sudah pernah mengerjakan award seperti ini 12 tahun yang lalu. Namanya dulu bukan Liebster Award tapi secara aturan kurang lebih sama, berikut aturannya:

  1. Berterima kasih kepada pemberi penghargaan.
  2. Jelaskan fakta tentang diri sendiri dan 3 artikel favorit.
  3. Jawab 11 pertanyaan dari pemberi penghargaan.
  4. Berikan penghargaan ini kepada 11 blogger.
  5. Berikan 11 pertanyaan kepada blogger yang menerima penghargaan.
  6. Beritahu 11 blogger yang menerima penghargaan.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada Zam atas penghargaannya! Dia adalah salah satu blogger senior, dulu blognya yang beralamat di jengjeng.matriphe.com selalu saya kunjungi, dia juga blogger yang berjasa, karena plugin bikinannya, Matriphe! KeyCode yang terbukti efisien menangkal spam di blog saya.

Dia juga adalah teman dari mantan pacar saya, sayangnya sampai saat ini kami belum pernah bertemu, baik di acara seperti PestaBlogger maupun setelah kami tinggal di Eropa.

11 Fakta tentang saya beserta tautan tulisan favorit:

  1. Saya adalah seorang laki-laki – banyak yang mengira saya seorang perempuan, bahkan saat saya di-wawancara oleh Tempo saya dipanggil “siswi”.
  2. Fasih berbahasa Indonesia, Inggris, Rusia dan Prancis.
  3. Senang membaca novel. Pengarang yang saya suka antara lain Charles Dickens, Anton Chekhov, S.A. Conan Doyle dan Fedor Dostoyevsky.
  4. Senang mempelajari bahasa asing – hingga akhirnya tulisan saya mengenai numeralia dalam bahasa Prancis akan dikutip oleh teman saya yang akan menerbitkan buku pelajaran bahasa Prancis.
  5. Saya tidak pernah bercita-cita menjadi psikolog tapi suatu kebetulan di tahun 2010 tulisan saya yang berjudul “Perubahan Perilaku Anak Akibat Ponsel” dikutip oleh seorang mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya sebagai jurnal ilmiah[pdf;280KB]. Tulisan itu sendiri saya buat saat masih SMA.
  6. Pernah berpartisipasi dalam acara XLNetRally ke Semarang bersama kawan-kawan blogger lainnya.
  7. Memiliki SIM kategori A dan B (C dan A di Indonesia). Oke, mungkin ini tidak spesial buat beberapa orang di Indonesia tapi di Belanda saya menghabiskan waktu hampir 1 tahun dan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan kedua kategori tersebut, kategori A sendiri jarang dimiliki kebanyakan orang di Belanda.
  8. Saya suka berjalan kaki, bersepeda dan road trip menggunakan kendaraan.
  9. Saya tidak pernah mengganti nomor ponsel sejak tahun 2000 (nomor Indonesia masih aktif, WhatsApp dan Telegram masih menggunakan nomor Indonesia) begitu pula dengan domain, saya tidak pernah mengganti nama domain blog sendiri.
  10. Sama seperti Zam, saya alergi seafood, tapi 3 tahun terakhir efek alergi tersebut hilang dengan sendirinya hingga akhirnya saya bebas mengkonsumsi seafood kegemaran saya yaitu kerang dan kepiting.
  11. Saya tidak bisa berenang maupun bermain bola dan tidak ada satu-pun alat musik yang bisa saya mainkan.

Saya akan menjawab 11 pertanyaan dari Zam, berikut pertanyaan dan jawabannya:

  1. Apa kegiatan, kesibukan, atau profesi terbaru sekarang? Saya adalah seorang Counseling psychologists – bekerja di kantor psikolog di Amsterdam. Kesibukan saya setiap hari adalah membantu orang-orang dengan masalah kesehatan emosi dan mental lalu memberikan solusi dan treatment yang sesuai.
  2. Menurutmu, ngeblog masih asyik tidak? Apa alasannya? Masih asyik! Buat saya ngeblog adalah tempat menuangkan unek-unek atau opini yang terlintas di kepala dan sebagai tempat berbagi ilmu juga.
  3. Selain blog, media sosial apa yang lebih sering kamu gunakan? Kenapa? Twitter! Karena di situ saya bisa mendapatkan informasi yang up to date dan saya bisa berinteraksi dengan teman-teman blogger.
  4. Apa pengalaman menarik yang tak terlupakan dari blog? Bertemu teman baru, bisa mengikuti beberapa event, mendatangi tempat-tempat baru dan mencoba gadget terbaru adalah pengalaman yang priceless untuk saya.
  5. Apa perubahan yang kamu rasakan dari saat awal ngeblog hingga sekarang? Dulu saya paling tidak suka menulis, ngeblog membuat saya belajar bagaimana mengutarakan isi pikiran dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami.
  6. Kegiatan apa yang paling sering kamu lakukan pada masa pandemi ini? Tetap bekerja dari rumah, belakangan ini saya sibuk mengasah keterampilan memasak ya walau hasilnya belum pantas untuk dipamerkan.
  7. Jika pandemi berakhir, apa yang ingin kamu lakukan? Tidak banyak, hanya ingin menikmati udara musim panas tanpa khawatir terpapar penyakit karena dari pandemi ini kita semua belajar bahwa kesehatan itu priceless.
  8. Apa tempat yang sangat ingin kamu kunjungi dan apa alasannya? Benua Afrika dan Timur Tengah. Alasannya adalah kedua tempat tersebut menyimpan banyak misteri buat saya.
  9. Benda apa yang ingin kamu miliki dan apa alasannya? Motor. Saat masih di Bandung saya suka kemana-mana naik motor dan saya ingin sekali melakukan hal yang sama di Amsterdam.
  10. Siapa tokoh favorit atau yang ingin kamu temui dan apa alasannya? Nikolai Gogol. Saya ingin bertanya ke dia kenapa dia membakar sisa manuskrip dari novel Jiwa-Jiwa Mati. FYI: Novel tersebut adalah masterpiece dari Nikolai Gogol, dia membakar sisa manuskrip novel tersebut sebelum dia meninggal.
  11. Apa kata mutiara atau kutipan favoritmu, dan apa alasannya? โ€œNow that we have learned to fly the air like birds, swim under water like fish, we lack one thing โ€“ to learn to live on earth as human beings.โ€ – George Bernard Shaw. Alasannya saya rasa kata-kata yang digaris bawahi sudah mencerminkan sifat kita sebagai manusia.

Sekarang saatnya saya memberikan nominasi kepada sebelas blogger yang saya kenal, mereka adalah:

  1. Agus Warteg. Salah satu blogger yang saya suka dengan gaya tulisannya.
  2. Fris Ardelia. Teman dekat saya saat saya kuliah baik di UNPAD maupun di Penza State University.
  3. Bara Anggara. Travel blogger yang selalu saya ikuti tulisannya.
  4. Ella Fitria. Travel dan beauty blogger.
  5. CREAMENO. Multilingual Travel blogger
  6. Arigetas. Blogger yang tulisannya menginspirasi blogger lain.
  7. Titik Asa. Blogger asal Sukabumi penyuka musik jazz.
  8. Pipit Widya. Salah satu blogger yang menginspirasi banyak orang.
  9. Ridu. Blogger senior dan kawan lama.
  10. Deddy Huang. Travel blogger.
  11. Nasirullah Sitam. Blogger asal Yogyakarta.

Pada bagian ini, saya harus membuat sebelas pertanyaan untuk dijawab oleh teman-teman blogger yang sudah saya tunjuk di atas, berikut pertanyaanya:

  1. Apa yang membuat Anda tertarik dengan dunia blogging?
  2. Siapa seseorang yang membuat Anda terinspirasi untuk terjun ke dunia blogging?
  3. Menurut Anda, apa kesulitan dari blogging?
  4. Seberapa penting koneksi Internet dalam kehidupan Anda?
  5. Mana yang lebih Anda suka; pantai atau gunung? Apa alasannya?
  6. Apakah Anda mempunyai sahabat dekat? Kalau iya, seberapa dekat hubungan kalian?
  7. Seberapa percaya Anda dengan zodiak?
  8. Menurut Anda, apakah Anda seorang yang introvert atau extrovert? Apa alasannya?
  9. Di mana Anda ingin menghabiskan masa pensiun/hari tua?
  10. Bagaimana cara Anda menghilangkan stress?
  11. Apakah Anda bisa hidup satu hari tanpa smartphone? Apa alasannya?

Mereka yang saya tunjuk tidak memiliki kewajiban untuk menerimanya atau lebih tepatnya tidak ada paksaan untuk mengikuti Liebster Award ini. Tujuan utamanya untuk saling support sesama blogger.

17 thoughts on “Liebster Award”

  1. Alhamdulillah dapat nominasi dari mas Anggie untuk liebster award.

    Kalo tidak salah saya juga pernah baca liebster award dari blog kang Morishige dan juga dapat award tapi belum sempat saya tulis karena belum tertarik. Insya Allah kalo tidak ada ide buat tulisan nanti saya buat mas.๐Ÿ˜Š

    Saya kira waktu pertama kenalan, kirain Anggie itu nama cewek mas.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  2. Wah terima kasih mas Anggie ehehe, setelah sekian lama nggak blogging akhirnya bisa baca tulisan mas Anggie lagi ๐Ÿ˜ nanti pan-kapan akan saya garap Liebster Award dari mas, yaaa ~

    By the way, menanggapi beberapa fakta yang mas tuliskan, saya pun waktu pertama kali berkunjung ke blog mas, saya kira mas itu mba-mba ๐Ÿ˜‚ untung saya baca dulu beberapa post sebelumnya dan saya menemukan komentar dengan panggilan ‘mas’ dan saya juga melihat ada foto laki-laki, barulah saya sadar kalau mas Anggie bukan mba-mba ๐Ÿ˜†

    Ohya mas Anggie keren bangettt bisa bahasa Russia dan Perancis, mana dua bahasa itu sound romantic pula kalau diucapkan hahahahaha. Ps: saya suka banget dengar orang berbicara dengan bahasa Perancis, entah kenapa terdengar sweet di telinga ๐Ÿ˜‚

    Dan takjub sama nomor ponsel yang berumur 20 tahun hahaha, semoga saya bisa keep nama domain saya selama yang saya bisa juga seperti mas Anggie, keren juga kalau dipikir-pikir mas ๐Ÿ™ˆ

    Terus saya jadi penasaran, mas Anggie sudah belajar masak apa saja? Hihihi ~ saya juga semenjak pandemi jadi coba-coba beberapa menu masakan tapi yang mudah saya lakukan meski rasanya juga nggak bisa dibilang terlalu enak tapi seenggaknya masih bisa ditelan ๐Ÿ˜‚

    1. Soal nomor ponsel sih, karena memang males gantinya aja, haha..
      Kalau soal masak sih, iseng aja buat masakan Indonesia dengan segala keterbatasan yang ada, dan ya, seenggaknya masih bisa ditelan, haha..

  3. Hallo Mas Anggie, tos virtual dulu sini. Ahahaha
    Tengkyu ya sudah memasukan namaku di list, :)
    Nggak sabar mau jawab pertanyaan di atas, hehehe
    Btw samaan lho, selain byk menghabiskan waktu untuk blogging. Ku juga suka main twitter karena informasinya up to date bgt, tinggal pinter2 kita nyaringnya aja :D

  4. Beberapa blogger yang selalu saya ikuti masuk kategori LIEBSTER AWARD (Saya beberapa kali scroll ke atas untuk menukisnya dengan kata yang benar).

    1 s/d 5 adalah para blogger yangbselalu saya ikuti tulisannya. Mereka punya keunikan masing-masing.

    Sedangkan nominator lainnya baru saya kenal dari tulisan Mas Anggiemaya yang ini. Setelah main-main ke blog mereka.

    Sepertinya nominasi LIEBSTER AWARD yang diberikan tidak terlalu berlebihan.

  5. wah, kali kedua saya mendapat liebster award, makasih mas, sebelumnya dikasih bung Morishige hehe.. Insha Allah nanti ditulis setelah beberapa (cukup banyak sih :D) tulisan dipublish..

    seafood tu enak bgt, beruntung yang gak punya alergi seafood dan yg telah terbebas dari alergi seafood, selamat mas haha..

    -traveler paruh waktu

  6. Saya baru tahu ada award blogger semacam ini, tapi seru juga ya. Bikin tambah semangat.
    Awalnya saya kira mas anggie ini juga cewek, soalnya namanya anggie. Jadi sambil baca saya bayangin yang nulis cewek๐Ÿ˜, sampai saya tahu kalau ternyaa bukan.

  7. Iya beneer, award ini udah lama tapi yang dulu aku liat kok gak sebanyak ini yaaa.
    Penjelasannya lengkap dan ada yg bikin salah fokus. Pas bilang kalo mas cowok, aku langsung liat alamat web nya, aku kirain juga cewek ternyata bukan ๐Ÿ˜‚
    Keren masnyaaa bisa banyak bahasa asing. Pernah belajar bahasa jepang dan perancis tapi sekarang udah lupa :(

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.