Web Hosting yang mendukung IPv6

Berikut list perusahaan jasa web hosting/shared hosting yang datacenter-nya sudah mendukung penggunaan IPv6. Di luar sana, ada cukup banyak penyedia hosting yang sudah mendukung IPv6, saya hanya tulis yang pernah saya coba saja, beberapa diantaranya ada yang saya gunakan secara serius, seperti untuk keperluan host blog ini, sedangkan sisanya saya gunakan dalam rangka eksperimen.

Localweb (localweb.com) – Amerika Serikat

Ini adalah penyedia jasa layanan hosting yang sudah cukup tua, berdiri sejak 1995, dan per tahun 2011 IPv6 tersedia untuk seluruh pelanggan localweb. Semua server berlokasi di Amerika Serikat.

Versio (versio.nl) – Belanda

Penyedia jasa layanan hosting dari Belanda ini sudah mendukung penggunaan IPv6 by request. IPv6 tidak diberikan secara default, tapi tidak ada biaya tambahan untuk permohonan IPv6, server berlokasi di Belanda dan Belgia. Saya cukup puas dengan layanan dari Versio ini, harganya juga cukup terjangkau.

Hostens (hostens.com) – Lithuania

Lithuania itu dimana? Dekat dengan Latvia. Latvia dimana? Dekat Estonia. Estonia dimana? Tiga negara itu merupakan Baltic Countries? Baltic countries itu dimana? ….

Penyedia jasa hosting yang berasal dari Luthuania ini masih tergolong cukup muda, tapi semua datacenternya yang berlokasi di Singapura, Lithuania, dan Amerika Serikat sudah mendukung IPv6 by default, menariknya adalah, harga shared hosting disini cukup murah dengan space yang besar dan bandwidth yang cukup.

Qwords (qwords.com) – Indonesia

Ini cukup mengejutkan buat saya. Qwords – penyedia layanan hosting yang berbasis di Indonesia sudah mendukung IPv6 untuk datacenternya yang berlokasi di Indonesia. Jika pada postingan ini, penetrasi IPv6 di Indonesia hanya 0,22%, Qwords inilah yang masuk 0,22% tersebut. Bandwidth Internasionalnya juga cukup cepat.

Cloudflare

Cloudflare ini CDN, tidak menyediakan layanan hosting, tapi Cloudflare ini bisa diandalkan jika webhosting anda belum support IPv6 dan ingin agar web anda bisa diakses di jaringan IPv6. Disamping konfigurasi IPv6 yang cukup mudah, cloudflare juga secara otomatis mendukung nativeĀ  IPv6 jika host anda sudah mendukung IPv6.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.