Tentang Kekayaan Nama Orang Rusia Part 1

Salah satu pertanyaan yang diajukan dalam perkenalan adalah “siapa nama anda?”, tetapi bagi orang Rusia, kalimat tanyanya agak lain, mereka menggunakan “как вас зовут?” yang kira-kira terjemahan dalam bahasa Indonesianya adalah “bagaimana anda dipanggil?”. Cara orang Rusia menanyakan nama ini memang aneh bagi kita yang belum terbiasa, maka dari itu saya akan coba jelaskan tentang keunikan nama-nama orang Rusia.

Sistem penamaan orang Rusia

Jika orang rusia bertanya “как вас зовут?” maka jawaban yang dia harapkan adalah Maria, Svetlana, Igor atau Vladimir, jika yang ditanya adalah orang yang sudah berumur atau orang terhormat maka jawaban yang diharapkan adalah namanya dan nama ayahnya.

Seperti yang kita ketahui, nama orang Indonesia sangat beragam, terdiri dari satu sampai lima kata. Sedangkan orang Rusia memiliki nama lengkap yang terdiri atas tiga bagian yaitu namanya sendiri, nama ayah dan nama keluarga. Kita ambil contoh dari dua nama dibawah ini:

Vladimir Vladimirovich Putin

Maria Yurievna Sharapova

Vladimir dan Maria adalah nama mereka, Yurievna dan Vladimirovich adalah nama ayah(atau biasa disebut dengan patronymic atau отчество dalam bahasa Rusia), sedangkan Putin dan Sharapova adalah nama keluarga.

Nama depan

Nama depan(given names) ini merupakan nama dari orang tersebut, dan hanya nama depan inilah yang bisa dipilih oleh orangtua mereka saat hendak memberi nama kepada anaknya, nama perempuan selalu memiliki akhiran -a atau -ya sedangkan laki-laki memiliki akhiran huruf konsonan.

Nama ayah

Sesuai dengan namanya, nama ayah menunjukkan bahwa orang tersebut adalah anaknya A atau B, dalam contoh di atas Vladimir adalah anaknya Vladimir dan Maria adalah anaknya Yuri, pembentukan nama ayah harus sesuai dengan gender orang tersebut, untuk laki-laki nama ayah harus ditambahkan akhiran -evich, -ovich atau -ich, sedangkan untuk perempuan harus ditambahkan akhiran -evna, -ovna atau -ichna.

Nama keluarga

Nama keluarga menunjukkan bahwa orang tersebut adalah anggota keluarga A atau B. Untuk membedakan laki-laki atau perempuan, nama keluarga laki-laki diakhiri dengan huruf konsonan, sedangkan untuk nama perempuan ditambah akhiran -a, contohnya: Putin akan menjadi Putina dan Sharapova menjadi Sharapov.

[Note: beberapa nama keluarga etnis non-slav biasanya tidak mengikuti aturan ini.]

Apabila seorang gadis Rusia menikah, maka dia akan mengambil nama keluarga suaminya, sedangkan untuk anak biasanya akan mengambil nama keluarga anaknya, walau tidak menutup kemungkinan dia akan menggunakan nama keluarga ibunya. Uniknya ada juga perempuan Rusia yang tidak mau membuang nama keluarganya sehingga dia memiliki dua nama keluarga dan itu hal yang wajar walau jarang terjadi, contohnya “Anastasia Vitalevna Ivanova-Orlova”.

 

Bersambung ke part 2

3 thoughts on “Tentang Kekayaan Nama Orang Rusia Part 1”

  1. Using Google Chrome Google Chrome 64.0.3282.186 on Windows Windows NT

    Pantesan kalau ketemu orang rusia namanya itu2 aja, hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *