Tentang Kekayaan Nama Orang Rusia Part 2

Untuk part 1 anda bisa membacanya di sini.

Kalau dilihat dari keragamannya, kita bisa bilang bahwa terdapat sedikit nama dalam bahasa Rusia. Demikian pula dengan nama keluarga, sangat jarang terciptanya nama keluarga baru, di Moskow saja mungkin ada sekian puluh ribu Ivanov, sekian ribu Rodionov, Aleksandrov dan sebagainya. Ini menandakan adanya pengulangan nama oleh orang yang sekeluarga.

Walau begitu orang Rusia mempunyai kekayaan yang jarang dimiliki oleh bangsa lain dalam hal nama, yaitu menyatakan berbagai macam perasaan melalui nama. Dalam ilmu bahasa disebut dengan nama diminutif, contohnya nama Ekaterina, orang Rusia bisa memanggil dengan sebutan Katerina, Katya, Katenka, Katyusha, Katyushka tergantung perasaan dan kedekatan si pemanggil dengan Ekaterina.

Asal Usul dan Arti Nama Rusia

Tidak semua nama Rusia lahir dari Rusia sendiri, banyak diantaranya merupakan serapan dari Yunani seperti Sofia(Sophia/Sophie = kebijaksanaan); Latin (Viktor = Victory/pemenang), Mariana(Marine = sesuatu yang berhubungan dengan laut); dan Yahudi (Mikhail, Daniil, dan sebagainya). Disamping itu, terdapat juga nama berbau ideologis seperti Ninel(kebalikan dari Lenin), Oktyabrina(Oktober), Ideya(Ide), Lenin(diambil dari Sungai Lena),  dan Stalin(baja) walaupun untuk zaman now sekarang, nama-nama tersebut sudah hampir tidak ada yang pakai.

Uniknya sebagian besar nama Rusia memiliki arti dan artinya tidak selalu positif, contohnya Baranov dari kata Baran (kambing), Sudakov dari kata Sudak(ikan zander), Ogurtsov dari kata ogurets (mentimun), Kuznetsov dari kata Kuznets(pandai besi), Tretiakov dari kata treti(yang ketiga), Nekrasov dari kata nekras(tidak indah) dan lain-lain.

One thought on “Tentang Kekayaan Nama Orang Rusia Part 2”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.