Mudahnya Membeli Tiket Kereta Secara Online

Saya tidak ingat, kapan pertama kali naik kereta, tapi yang jelas, saat di Indonesia saya beberapa kali naik kereta ke Yogyakarta – salah satu destinasi favorit saya karena ada rumah keluarga saya yang bisa ditumpangi, atmosfer kota tersebut yang selalu bikin saya kangen untuk selalu ke sana.

Beberapa kenangan sering terjadi saat saya naik kereta, mulai dari menemani mantan pacar yang saat itu hendak pulang ke rumahnya, hingga perasaan sebal yang saya luapkan saat tiket keberangkatan yang saya inginkan habis terjual, hingga setelah itu saya jarang sekali naik kereta.

Amsterdam to Brussels train
Kereta dari Amsterdam menuju Brussels

Di Belanda, kereta merupakan alat transportasi favorit warganya – tidak terkecuali saya, mulai dari dalam kota, luar kota hingga keliling Eropa saya selalu mengandalkan moda transportasi kereta. Bahkan saat saya masih kuliah di Rusia, kereta ini juga merupakan moda transportasi jarak jauh pilihan saya, rute perjalanan paling jauh yang pernah saya lakukan menggunakan kereta adalah Moskow – Tomsk yang memakan waktu sekitar dua hari tujuh jam.


Selain tepat waktu, bepergian menggunakan kereta juga nyaman dan aman.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dulu saya biasa memesan tiket kereta dengan datang langsung ke Stasiun Bandung. Posisi rumah saya yang cukup jauh dengan Stasiun Bandung yang cukup jauh ditambah tiket yang saya inginkan sudah tidak tersedia alias sudah habis terjual cukup membuat saya misuh-misuh ga jelas ke diri sendiri.

Hal itu sudah tidak terjadi lagi karena sekarang saya selalu mengandalkan Traveloka untuk urusan membeli tiket kereta. Yes, selain hotel, tiket bus dan pesawat, Traveloka juga bisa memesan tiket kereta.

Cara memesan tiketnya pun sangat mudah, bisa menggunakan aplikasi Traveloka atau situs webnya langsung.

Traveloka1

Langkah-langkah untuk memesan tiket menggunakan Traveloka ini sangat simpel, cukup masukan destinasi, tujuan, tanggal keberangkatan(dan kembali jika perlu) dan jumlah tiket yang diinginkan.

Traveloka2

Setelah semua informasi dimasukkan, Traveloka akan memberikan beberapa pilihan kereta, lengkap dengan nama kereta, jadwal keberangkatan, kelas kereta, waktu tempuh dan harga. Oia, Traveloka juga memberikan informasi berapa kursi lagi yang tersisa untuk kereta tersebut.

Setelah menentukan kereta, isi daftar penumpang dan pastikan semua data sudah benar dan lengkap, tinggal lanjut membayar.

Ada beberapa pilihan untuk metode pembayaran, Anda bisa menggunakan online banking jika malas berpergian, tapi Anda juga bisa membayar melalui ATM atau minimarket.

Setelah membayar, Anda akan diberikan e-ticket yang akan dikirim melalui e-mail dan SMS, e-ticket ini juga bisa dilihat di aplikasi Traveloka. Perlu diingat, e-ticket ini wajib ditukar dengan tiket fisik di stasiun keberangkatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.