Cloudflare: Routing yang tidak sesuai

Beberapa rekan pengguna Cloudflare gratisan dengan free plan mulai mengeluh soal routing yang tidak sesuai atau tidak terkoneksi ke PoP(Point-of-Presence) terdekat sesuai lokasi. Bagi mereka yang tinggal di Indonesia, biasanya mereka terkoneksi ke PoP Cloudflare di Singapura.

Karena penasaran, saya coba trace blog ini apakah terkoneksi ke PoP terdekat atau tidak dengan cara mengetikkan https://anggiemaya.net/cdn-cgi/trace (alamat domain bisa diganti dengan domain lain) dan berikut hasilnya:

Di Belanda, saya terkoneksi ke PoP Cloudflare di San Jose, ini cukup jauh, padahal di Amsterdam sendiri terdapat PoP, bahkan hampir semua negara di Eropa memiliki PoP, kenapa harus jauh-jauh terkoneksi PoP yang letaknya di Amerika Serikat?

Setelah googling dan mendapatkan link ini dan ini, akhirnya bisa saya simpulkan bahwa ini semua karena mahalnya bandwidth di beberapa negara yang menyebabkan mereka memprioritaskan pengguna Business dan Enterprise terlebih dahulu.
Tentunya lokasi data center yang terlalu jauh menyebabkan respon dan load website menjadi lebih lama, tapi kembali lagi, jika anda pengguna gratisan ya jangan banyak protes, haha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *