Jokowi dan Game of Thrones

Pagi ini, saat baru saja sampai kantor dan mulai bersiap untuk facebook-an bekerja, kolega saya menyapa saya “Goedemorgen, Game of Thrones!” (Selamat pagi, Game of Thrones!). Saya tahu kalau itu ucapan selamat pagi, saya juga tahu apa itu Game of Thrones walau saya akui tidak pernah menonton serial tersebut, jadi saya hanya senyum basa basi saja menanggapi kolega saya tersebut. Karena dia bingung dengan reaksi saya yang biasa-biasa saja, dia langsung mengirimkan saya tautan berita  dari NRC dalam bahasa Belanda yang berjudul ‘Wanhopig positief’ zijn in een wereld vol bedreigingen (‘Berpikir positif’ dalam dunia yang penuh ancaman).

Berita tersebut menjelaskan bagaimana pidato pembukaan dari  Presiden Indonesia Joko Widodo, beliau berkata bahwa negara-negara harus bersatu mengalahkan kekuatan evil winter, beruntung Kementrian Sekretariat Negara RI mengunggah pidato tersebut di Youtube.

Baru kali ini saya merasa bangga melihat sebuah pidato yang optimis, dan ini berasal dari presiden kita, pidato tersebut sukses membuat kolega-kolega saya yang orang Belanda kagum. Mereka semua berkata, begitu hebatnya seorang Joko Widodo bisa berpikir dan bertindak positif di saat negaranya terkena dampak melemahnya nilai tukar rupiah terdapat dolar karena kebijakan The Fed dan bencana alam di Palu dan Donggala, dan mereka mengerti siapa yang beliau sindir dalam pidato tersebut. Empat tahun terakhir memang media Belanda getol menyiarkan pesatnya perkembangan Indonesia, dan ini semua berkat kerja keras bangsa Indonesia yang dipimpin oleh presiden Jokowi, dan ini membuat kita sebagai Warga Negara Indonesia di luar negeri merasa semakin bangga menjadi orang Indonesia.

Dan ketika saya coba untuk mencari tahu tanggapan wakil rakyat kita tentang pidato tersebut, saya langsung close browser dan kembali bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *