Di Negara Mana SIM Internasional Indonesia Berlaku?

SIM Internasional Indonesia

Jadi, saat saya pulang kampung kemarin, saya menyempatkan diri untuk perpanjang semua dokumen yang diperlukan, termasuk Surat Izin Mengemudi. Ya, dokumen yang biasa kalian nembak 500-800ribu ini termasuk vital untuk saya, kenapa? Karena SIM Indonesia berlaku juga di luar negeri :)

Sebenarnya ada satu lagi jenis SIM yang cocok untuk kalian yang selalu berpergian ke luar negeri, namanya SIM Internasional, sesuai dengan namanya SIM ini berfungsi agar kita dapat mengemudikan kendaraan di luar negeri, tentang bagaimana cara mendapatkannya akan saya tulis di postingan yang lain.

Menurut Wikipedia – SIM Internasional, SIM ini bisa dipakai di (hampir) semua negara. Setelah saya coba berkendara menggunakan SIM ini di beberapa negara, saya bisa ambil kesimpulan berikut:

  1. SIM internasional ini berlaku tiga tahun, tapi kita hanya diizinkan berkendara dengan SIM ini antara satu bulan hingga satu tahun sejak kedatangan kita di negara tujuan. Lebih dari jangka waktu yang ditentukan kita harus membuat SIM lokal.
  2. SIM internasional ini harus didampingi dengan SIM domestik kita, tanpa SIM domestik, SIM internasional tidak valid.
  3. Walaupun secara tertulis SIM internasional ini valid di beberapa negara, petugas di lapangan biasanya tidak semuanya mengerti akan keberadaan SIM ini, jadi siap-siap adu argumen mengenai masalah ini.

Bagaimana dengan keabsahan SIM ini di beberapa negara? Saya akan jelaskan sesuai dengan pengalaman pribadi.

  • Singapura. SIM Indonesia berlaku di Singapura(dan negara anggota ASEAN) selama satu tahun sejak kedatangan.
  • Malaysia. Sempat di-stop oleh polisi setempat, cukup tunjukkan SIM A Indonesia, mereka melepas saya :D
  • Vietnam. Saat naik motor, sempat di-stop oleh polisi setempat, dan tunjukkan semua dokumen termasuk SIM internasional, sempat terjadi adu argumen yang tidak saya mengerti sama sekali, akhirnya saya diloloskan.
  • Jepang. SIM domestik dan internasional Indonesia tidak berlaku di Jepang. Saat coba rental, dan masuk tahap verifikasi dokumen, mereka menolak saya mentah-mentah. Update : Saya sudah posting disini mengenai alasan kenapa SIM Indonesia tidak berlaku di Jepang
  • Turki. Saat verifikasi dokumen untuk sewa mobil, SIM internasional tidak ditanya, sepanjang jalan tidak pernah di-stop.
  • Rusia. Untuk menyetir di Rusia, ada dua pilihan. SIM domestik dengan SIM internasional, atau SIM domestik dengan terjemahan bahasa Rusia + cap notaris. Sempat di-stop polisi, tidak ada masalah.
  • Kazakhstan dan Kirgizstan. Sama seperti Rusia, sering di-stop dan tidak ada masalah
  • Uni Eropa. Tiap anggota negara UE memiliki peraturan masing-masing tentang durasi SIM domestik(dan internasional) Indonesia. Contohnya, Belanda mengizinkan selama enam bulan, Perancis mengizinkan selama 1 tahun dan dihitung berdasarkan tanggal kita masuk ke kawasan schengen. Disini saya tidak pernah di-stop polisi :p
  • Inggris. SIM Indonesia berlaku selama 1 tahun, sempat beberapa kali di-stop dan tidak ada masalah.
  • New York State, U.S. SIM Indonesia dengan terjemahan / SIM internasional berlaku di New York State, saya tidak tahu untuk state lainnya.

Ada yang unik. Pertanyaan petugas setempat saat melihat SIM domestik Indonesia adalah kategori. Ya, sistem kategori SIM kita tentunya berbeda dengan sistem kategori negara setempat, dan disinilah fungsi SIM internasional yang menjelaskan kategori SIM yang kita punya sesuai dengan standar konvensi Wina 1968. Jika tidak ada SIM internasional, kita masih bisa meminta surat keterangan dari KBRI mengenai penjelasan kategori SIM domestik Indonesia.

Satu hal lagi, saat berkendara di luar negeri, pastikan kita tidak menyetir dengan gaya supir metromini, karena aturan lalu lintas di beberapa negara sangat ketat.

Selamat berkendara.

10 thoughts on “Di Negara Mana SIM Internasional Indonesia Berlaku?”

  1. pastikan kita tidak membawa mental supir metromini, karena aturan lalu lintas di beberapa negara sangat ketat.

    Ini maksudnya nyetir ga pake jendela gitu?

  2. makasih infonya. Lagi mau bikin SIM internasional. Pengen nyoba nyetir sendiri kalo di LN. Selama ini habis uang utk naik TAXI. Nemu web/blog ini , sangat bermanfaat informasinya. Thanks.

  3. Nice info! Sempet kepikiran bikin buat sewa di jepang eh ternyata ga bisa.
    Mau tanya kalo translate sim ke bahasa inggris itu tempatnya dmn ya? Ada rencana ke new zealand nih

    1. Tempat untuk translate sim ke bahasa Inggris (atau bahasa setempat), setiap negara lain-lain lembaganya, yang jelas translate dikerjakan di negara tujuan, bukan di Indonesia, untuk New Zealand, silahkan kontak KBRI untuk informasi lebih lanjut :)

  4. Privet bang, saya mahasiswa di moskow, pengen share pengalamannya dong nyetir di rusia, sim indonesia berlaku berapa lama ya di rusia? apa bisa convert ke sim rusia? abang waktu itu pake sim internasional atau pake sim indonesia yang diterjemahkan ?

    Salam, beni

    1. Halo..
      Saat saya pertama datang ke Rusia, saya tidak punya SIM Internasional, cuma punya SIM A biasa. Nah, sampai di Rusia, bawa SIM tersebut ke jasa penerjemah + notaris (byuro perevodov), nanti saat berkendara SIM A + terjemahannya harus selalu dibawa. Menurut hukum memang SIM asing di Rusia hanya berlaku 6 bulan sejak kedatangan kita di Rusia (dilihat dari tanggal masuk di visa kita), tapi saya pernah dibulan ke 9 nyetir dan disetop, polisi tidak mempermasalahkan, karena dia juga tidak periksa paspor saya, mungkin itu hanya keberuntungan, haha..

      Aturannya untuk bikin SIM di Rusia kita perlu ikut sekolah mengemudi, banyak pilihannya kok biasanya dapat diskon kalau kita berstatus mahasiswa. Tapi, kalau kita sudah punya SIM dari negara asal kita, asal masih valid, kita bisa langsung ke GIBDD, kita hanya perlu tes teori saja, tanpa tes praktek dan masuk sekolah mengemudi. Tapi ingat, tes teori hanya tersedia dalam bahasa Rusia saja, pastikan kita belajar dulu istilah otomotif.

      Semangat kuliahnya ya :D

      1. Wuih, sy ga tau kalau bakal dibales… Makasi banyak infonya bang,
        Mo nanya lagi ni bang, saya kemarin udah ke gibdd yng di moskow, bawa sim a + sim internasional, kata mereka ga perlu convert kalau visa sy student, bisa pake selama sy jd mahasiswa di Rusia. Jd gimana bang?

        Oia, satu lg bang, mau nanya kalau beli mobil di rusia perlu bbn atas nama kita ? atau bisa langsung pake?

        Hehehe

        1. Ya sudah kalau begitu, bisa hemat beberapa rubel untuk bikin SIM RU, memang sih di Moskow saya lihat banyak student yang pake SIM dari negaranya selama studi di sana.

          Perlu, tapi kalau di transfer kepemilikan langsung atas nama kita bakal agak repot, setiap kita perpanjang visa, kita harus re-register lagi kepemilikan mobilnya, lebih baik gini aja, balik nama ke orang Rusia, entah temen atau siapa saja yang bisa dipercaya, nanti bikin surat kuasa (daverennost) supaya kita bisa nyetir dan jual kembali mobil itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *