Masih perlu Bahasa Indonesia?

BEC 2nd Floor

Gambar diatas ini adalah papan penunjuk lantai pada suatu gedung, tepatnya gedung Bandung Electronic Center, kenapa saya ambil foto seperti ini? Saya merasa sedikit ada yang janggal, apa itu?

Ya, bahasa yang tertulis di papan informasi tersebut, pada papan tersebut ditulis secara dwibahasa, Bahasa Inggris dan Jepang, sedangkan gedung tersebut terdapat di kota Bandung, Indonesia. Indonesia menganut Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional negaranya.

Seperti yang kita tahu, Bahasa Inggris masih merupakan Bahasa Internasional, kita, warga Indonesia juga tidak diharamkan berbicara Bahasa Inggris, tidak ada yang melarang, paling-paling kalau ada yang tidak mengerti si orang tersebut pasti bilang.

Aduuh, aku nggak ngerti Bahasa Inggris, :P

Sangat disayangkan bagi kita warga negara Indonesia yang tingkat nasionalisme dalam segi Bahasanya(masih) sangat kurang, untuk urusan seperti ini saja kita masih belum percaya diri menggunakan Bahasa Indonesia, bahkan sesama orang Indonesia saja sudah ada yang berkomunikasi dengan bahasa lain, kalau untuk urusan belajar sih tidak apa-apa, tapi ini, menggunakan bahasa lain untuk kegiatan sehari-hari, Saya yakin dia kalau ditanya “Masih ingat kamu sekarang tinggal di negara mana?” pasti jawabnya “Di Indonesia”, tapi kalau ditanya lagi “Kenapa tidak pakai Bahasa Indonesia?” pasti alasannya beraneka ragam tentunya :D

Perlu perbandingan, Oke, saya rasa perlu.. ;)

Oke, saya bandingkan dengan Rusia, negara yang dulunya adidaya yang sekarang sudah menjadi negara setengah miskin, mungkin bisa dikatakan 11 dan 12 dengan negara kita, tapi coba lihat, mereka kalau lihat bule, pasti tidak akan disapa dan diajak berbicara Inggris, harus bahasa Rusia, bahasanya dia. Tentunya efek negatifnya ya itu, kita sebagai pendatang yang kebingungan :D

Dulu, waktu zaman Alm Soeharto masih berkuasa di negeri kita ini, beliau setiap hendak mengunjungi negara orang atau dikunjungi oleh petinggi dari negara lain, dia tidak pernah berbicara bahasa Inggris, walau dia selalu didampingi penerjemah, tentunya orang yang mendengar harus sedikit pahan 1 – 2 kalimat sederhana dalam Bahasa Indonesia, ya kan? Itulah salah satu contoh nasionalis ;))

Sekarang kita kembali ke bahasan papan yang diatas itu.

Seperti yang kita tahu, mall tersebut adalah sentra ponsel dan elektronik, pengunjungnya sendiri mayoritas adalah warga kita sendiri, sangat sedikit sekali bulé mampir ke mall itu :p dan kalaupun papan tersebut ditulis dalam Bahasa Inggris yang notabene dimengerti oleh para bulé tersebut, belum tentu juga para pedagang disana mengerti Bahasa Inggris :))

Nah, untuk urusan Bahasa Jepang itu, saya sih Haqul Yakin kebanyakan kita pada  gak ngerti semua tu artinya, bacanya aja belum tentu semua orang bisa :)) cuma menuh-menuhin ruang pada papan tersebut :P kenapa ga lebih baik Bahasa Jepang itu saja yang diganti ke Bahasa Indonesia? ;)

Oke, kalau memang misalnya kita sudah cukup pintar dalam berbahasa Inggris, harusnya kesalahan seperti gambar di bawah ini harus segera diatasi donk ;)

3rd or 3th?

54 thoughts on “Masih perlu Bahasa Indonesia?”

  1. Mozilla Firefox 3.6.10 Windows 7

    Download a Firefox that speaks your language. Firefox is available in over 70 languages, thanks to the contributions from Mozilla community members around …

  2. Pendek saja ya bos….!
    Sudahkah Manusia Indonesia Terbebas Dari PenJAJAHan…?
    “Merdeka…. merdeka…….!”
    Yang bilang siapa ya….?

    Bagaimana Bos….?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.