Review: Koprol

alphatitle

Beberapa minggu yang lalu, saya mendapat undangan dari Ihwan untuk ikut turut serta melakukan ujicoba aplikasi microblogging versi Indonesia, yaitu Koprol. Dan ternyata aplikasi ini cukup menarik :D dan saya akan coba review secara singkat tentang aplikasi microblogging yang diprakarsai oleh Satya Witoelar.

Desain

Sederhana tapi indah

Desain koprol ini kalau menurut saya, seperti halaman Facebook, dengan timeline yang tersusun secara vertical, di frame sebelah kiri terdapat sejenis filtering timeline, dimana kita dapat melihat semua “koprol” dari user lain(dengan memilih opsi Me and My Friends, ada juga dua filter timeline-nya, yaitu Commented dan Mentioned. Dan di frame sebelah kanan terdapat list teman/friends, random tip, dan review from friends.

Fasilitas

Aku tahu kamu dimana, kita kopdar yuuk

Kalau menurut saya, sangat banyak fasilitas yang diberikan oleh koprol ini, dibanding fasilitas microblogging yang lain, salah satu fasilitas yang cukup saya suka adalah adanya penunjuk lokasi kita. Dan tentunya kita juga bisa melihat keberadaan tentunya ini akan sangat menarik ketika kita secara tidak sengaja menemukan teman kita berada dalam satu lokasi  dengan kita, sehingga dengan ini akan semakin mudah untuk melakukan kegiatan yang biasa dilakukan oleh para blogger, yaitu kopdar. Tidak lupa juga koprol menyediakan fasilitas untuk melakukan review suatu tempat, apakah tempat tersebut sangat bagus(recomended) atau sebaliknya.

Tingkat kemudahan

Easy to Use…

Tidak terlalu sulit untuk beradaptasi dengan tampilan koprol ini, mungkin interface ini terlihat seperti Twitter, oh,ya, Koprol ini juga dapat kita akses menggunakan telepon selular, PDA, atau perangkat mobile internet lainnya, cukup arahkan browser mobile anda ke alamat m.koprol.com interface yang diberikan dalam koprol mobile edition ini juga cukup ramah bandwidth tetapi memberikan kemudahan dan fasilitas yang hampir selengkap versi desktop nya.

Kecepatan Akses

Sangat cepat dimanapun saya berada.

Koprol ini di-hosting di jaringan IIX dengan bantuan BizNet, saya sudah mencoba untuk mengakses koprol dari beberapa ISP, dan hasilnya memang sangat cepat(Secara, IIX geto loch) bahkan koprol ini juga sangat cepat ketika diakses lewat ponsel dengan proxy based browser seperti Opera Mini atau Blackberry Browser. Pada versi desktop walau AJAX dimana-mana, tapi tidak seberat plurk :D

Kesimpulan

Aplikasi Microblogging versi Indonesia yang sangat brilian

Setelah saya mencoba koprol selama beberapa minggu, jujur saya sangat kagum dengan si koprol ini :D , well, untuk kedepannya, saya harap koprol ini dapat memberikan nama daerah yang lebih detail. Khususnya di kota tempat saya tinggal, Bandung :D

And, karena sampai tulisan ini diturunkan(8/05/09) untuk menikmati seluruh fasilitas koprol ini, dibutuhkan sebuah undangan/invitation dari user lain yang telah terdaftar sebelumnya di koprol.

16 thoughts on “Review: Koprol”

  1. (:| ntar coba deh kalo kamu ke Rusia, buka koprol disana… masih cepet ndak….. *mabok Caramel Grande* :))

    karena masih beta, makanya koprol masih pake sistem invite…mungkin masih mempertimbangkan sisi security nya juga yha…. :-?

    at least, koprol dah lumayan maju dibanding versi awal…semoga koprol bisa jadi the next facebook….. (worship)

    *masih mungkin, kan*

    :D

  2. semoga makin kaya deh konten lokal dijaringan IIX, biar save benwit keluar negeri
    kayaknya mau bersaing dengan si kronologger.com
    dan nasibnya ga seperti moodmill.com yang dijual

    koprol dalam bahasa daerahku kalo di indonesiakan = berguling/salto

    jaringan biznet-nya berdampingan ama kaskus.us donk … kekeke

    scara urang sendiri ndak biasa short post …..

  3. gw baru inget kalo gw punya account di koprol hueheue..

    yang jelas sih enak cepet gitu, tapi lebih berwarna kalo ada emotenya yaa.. heuehue

  4. wuih.. oh gitu tooh.. tapi waktu tu pas gw masuk, ga bisa syncronize ke facebook bro :( jadinya males deh.. hehehe.. mungkin lagi traffic kali yah.. :P nanti deh gw coba lagi.. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.