Membuat file Disk Image(DMG) sendiri

Salah satu kelebihan yang ditawarkan sistem Mac OS X adalah, sistem instalasi aplikasi yang tidak begitu rumit, cukup drag n drop. Kita cukup melakukan mounting file DMG yang merupakan “pembungkus” aplikasi tersebut lalu pindahkan folder aplikasi yang memiliki ekstensi .app ke folder /Application, selesai sudah, aplikasi dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dan jika kita ingin menghapus aplikasi tersebut, cukup drag aplikasi yang akan dihapus ke trash, mudah bukan?

Hanya saja, satu aplikasi biasanya dibungkus oleh satu file DMG(yang merupakan file pembungkus tersebut). Tentunya akan merepotkan jika kita menyimpan banyak file DMG di sebuah harddisk backup, dan apakah bisa seluruh aplikasi yang sudah tersimpan di folder /Application disimpan dalam 1 file “pembungkus”(DMG) buatan sendiri? Jawabannya adalah bisa. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Pertama buka aplikasi Disk Utility, aplikasi ini dapat ditemukan folder /Application/Utility. Lalu klik New Image, maka akan keluar tampilan berikut ini.

Ketik nama file DMG yang akan dibuat, ketik juga Volume Name dari Disk Image tersebut, lalu tentukan size volume tersebut, ukurannya harus sesuai dengan total aplikasi yang akan dimasukkan ke Disk Image tersebut. Dan pada pilihan Image Format,¬† pilih read/write disk image agar kita dapat mengisi “bungkusan” itu sementara, setelah itu klik create.

Maka setelah itu Disk Utility akan melakukan proses creating image dan mounting image. Jika image berhasil di-mount maka file akan muncul di desktop, seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu buka Disk Image tersebut, lalu buka jendela Finder yang baru(CMD+N) dan arahkan ke folder /Application(atau folder lain jika ingin mengisi disk image ini dengan file lain), sehingga pada Mac anda  akan terlihat 2 jendela Finder, setelah itu drag aplikasi yang akan di copy ke disk image.

Setelah proses copy selesai, kita perlu membuat disk image tersebut menjadi read only, agar file didalamnya tidak terhapus, untuk cara ini, buka kembali aplikasi Disk Utility, buka file disk image yang telah kita buat tadi, lalu klik convert, Maka akan keluar tampilan berikut.

Pada menu Image Format cukup ganti pilihan “read/write” menjadi read-only, klik save dan File DMG selesai dibuat.

10 thoughts on “Membuat file Disk Image(DMG) sendiri”

  1. Memang copy aplikasi gitu,aplikasinya bisa berjalan kalau komputer diinstal ulang bukannya pasti registry,nya kan ga kecopy

  2. Brilliant occupation! I actually solution you needed the truth anytime composed the particular document. I’ve not witnessed an added influenced blog post. It has been readable along with fully grasp. Thank you for sharing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.