April Mop dan budaya Indonesia

Sekarang tanggal 1 April

Boleh Berbohong?

Bukannya bohong itu dosa?

Iya, tapi tanggal 1 april kalau kita berbohong gak bakalan dosa..

=_=”

Ya, perkataan seperti tadi sering saya dengar di lingkungan di daerah rumah saya, April Mop, suatu budaya yang sebenarnya bukanlah budaya timur, April Mop ini merupakan budaya barat,. Dan lebih anehnya, masih banyak bangsa kita terutama umat muslim yang merayakan April Mop ini, ya, banyak anak-anak di daerah rumah saya dengan bebas saling berbohong kepada temannya, dan anehnya, orangtua mereka tidak melarang, dan hanya beralasan.

Selama mereka masih senang, biarin aja lah…

Jujur saja, saya memang kurang suka dengan budaya-budaya tersebut, hanya saja, yang membuat saya merasa tidak nyaman adalah mulai banyaknya warga Indonesia mengikuti tradisi barat seperti ini, tradisi lokal mulai ditinggalkan karena mungkin dirasa gengsi atau gak ngikutin perkembangan jaman, dan lain sebagainya. Huuft

Gimana nasib kita kalau seperti ini terus?

12 thoughts on “April Mop dan budaya Indonesia”

  1. yuks kita perbaiki cara berfikir rakyat indonesia yang semakin so’ ke barat2an.. dan yang jelas tidak islami..
    semoga kita selalu dapat memperbaiki diri dan lingkungan kita ke arah yang lebih baik..
    ;-)

  2. Hah! Idem! Saya gak suka tuh dengan April Mop. Karena pada dasarnya saya gak suka dibohongin, meskipun untuk fun begitu tetep aja rasanya gak enak diboongin. Emang gak ada kerjaan lain apa selain bikin niat buat ngebohongin orang laen? Gak penting banget. Trus, abis puas ngeboongin lantas tertawa ngakak dan bilang, “April Mop!”

    Serius, pengen rasanya saya menyumpal mulut mereka pake batu.

  3. hha, kalo menurut gue sih, sama kayak valentine, kita kan berbagi kasih sayang nggak cuma tanggal 14 Feb, tapi sepanjang taun. Nah, kalo gue juga ngeboong n jailin orang nggak usah nunggu tanggal 1 april. Hhe…

  4. yaaa enggak perlu diikutin lah budaya yang seperti itu… Tapi jengkel juga sih, karena bahkan sampai Plurk.com pun juga ikutan April Mop… :)) Tapi ya sudahlah, iitu bukan budaya orang Timur, juga bukan budaya Islam. Sebisa mungkin, dihindarin ajah… Sekedar mengutip seorang pemuka agama, semboyan 3M nya “Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang paling kecil, Mulai saat ini juga”… ;)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.