Layanan Broadband 3G di Indonesia saat ini

Membaca artikel dari DetikInet, dari sini, sini, sini, disini juga, disini lagi, disini(lagi), dan disini. Isinya hampir semua tentang keluhan akses internet dengan menggunakan jaringan 3G. Memang bermacam-macam keluhannya, dimulai dari akses yang terlalu lambat, selalu disconnect, hingga tidak bisa tersambung sama sekali :D dan entah disadari atau tidak, hampir semua berita tersebut mengacu kepada produk Broadband Internet Access dari Indosat, Indosat 3.5G dan IM2 Broom. dan sisanya  mengacu kepada provider lain.

Saya selaku orang yang mempunyai ikatan kerja dengan PT. Indosat dan sebagai pengguna Indosat tentunya produk Indosat 3.5G Broadband dan Satelindo GSM(sekarang Indosat Matrix). Dan saya juga mencoba untuk membuktikan apakah produk 3G Broadband yang saya pakai kualitasnya bagus atau buruk. Dan ternyata hasilnya..

Jelek, Lambat sekalipun ada signal 3G, dan jaringannya selalu unresponsive :P

Akhirnya saya sependapat dengan yang lain, kalau kualitas jaringan Indosat sangat buruk :P mungkin menurut saya, jalur internet menggunakan broadband 3G ini sangatlah murah(subjektif, menurut saya) dengan harga sekitar 100.000 IDR kita sudah dapat akses internet unlimited berkecepatan yang katanya bisa mencapai 256KB/s. Hanya saja akses internet ini tidak didukung dengan kualitas jaringan yang memadai, akhirnya, pengguna makin banyak sedangkan jaringannya tidak kuat melayani user yang semakin banyak dengan traffic yang tentunya semakin tinggi, dan akhirnya terjadilah overload yang menyebabkan jaringan terganggu atau bahkan down.

Hanya saja saya sengaja masih tetap menggunakan layanan ini. Meskipun lambat dan sering down, masih ada kelebihan dari layanan broadband 3G ini, karena layanan ini berbasis GSM/UMTS, tentunya layanan ini dapat dipergunakan dimana saja selama masih ada jaringan 3G atau GSM. Walau lelet yang penting bisa dibawa kemana-mana. =)) Dan saya sepertinya sudah internet addicted, hehehe..

19 thoughts on “Layanan Broadband 3G di Indonesia saat ini”

  1. saya pake telkomsel flash… sedikit kecewa karena gw beli paket yang 512kbps dan kenyataannya maksimal dapet hanya 300-an doang… tapi, overall lumayan lah… dulu emang sempet sering bermasalah.. tapi sekarang udah jarang…

  2. dibaca si bos ngga pa pa nih, mas anggie.. :D
    saya pake kata kunci im2 lambat dan indosat m2 lambat…asli, banyak temennya :)
    sempet surat2an via mail dgn pak priyo hutomo, walau dah pake penebalan di BTS yg overload, tp masi lelet..kadang ngabisin 1.5GB/bulan butuh perjuangan extra keras :mrgreen:
    kec pas terbangun jam 3-6 pagi, mendingan lah..bs update gentoo kecil-2an 8-) kl pas mau ngabisin bandwidth

  3. Dibaca si Bos ? Saya menulis ini atas nama dan pengalaman sendiri, :D soal saya bekerja di PT. Indosat bukan berarti saya harus membangga-banggakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan dimana saya bekerja, kalau memang kurang memuaskan, ya, saya sebagai konsumen juga akan bilang sejujurnya kalau produk ini memang kurang memuaskan, dan kalau sebagai karyawan PT. Indosat saya pasti akan berusaha untuk selalu memperbaiki kekurangan yang ada,

    Memang sih, sekarang BTS khusus UMTS/HSDPA Indosat sudah hampir overload di beberapa daerah, dan sekarang saya coba di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, aksesnya lumayan agak cepat, walau hanya ditemukan jaringan EDGE saja :D Mungkin disini jarang ada yang pake kali ya ,hehe…

  4. q pake IM2 juga untuk broadband mobile, dah ada 5 bulan lah, dan memang kualitas jaringan kita agak susah mau judge siapa yg accountable. alhamdulillah, walau kadang2 ada lag koneksi, tapi overall IM2 masih stabil ketimbang TELK*.

    1. sisi operator seharusnya jangan geber promosi kalo daya tampung jaringan untuk pelanggan broadband sudah mentok, jangan karena iming2 kejar tambhan ARPU tapi cekak di lebar frekuensi 3G, aksesibilitas pelanggan existing terabaikn.

    2. mungkin pemerintah perlu mikir win-win solution, kalo mau kasih kesempatan operator perleber frekuensi 3G nya jangan mahal2 amet harga nya ampe Rp. 160 M (tambahan 5Mhz). kalo begini cara dagang lisensi mah kapan turun nya tarif internet?

    ;)

  5. Indosat M2 unlimited sangat mengecewakan, untung flash guwe belum ditutup.
    kemaren sempet pake 2 koneksi ini, kesimpulannya : IM2 ga bisa dibandingkan dengan flash..

  6. Langsung googling dan pesan antenna grid yang murah? :P
    Jangan lupa contact ISP terdekat untuk mengetahui tarif internet yang belum Anda tawar.. :))
    *Just kidding*

  7. matrix broadband saat ini memang udah sangat overload…udah gak kuat lagi nampung arus data yang luar biasa banyak dari sekian banyak pemakai yang terbius promo “unlimited = 100 ribu/bulan)..hahahahaha..banyak juga korbannya..saya malah jadi ikutan korban nih, karena sebelum banyak pemakai, jaringannya masih sangat bagus, bisa nonton tv di internet segala tanpa gangguan, tapi sekarang sih…masya alah deh…setiap hari libur udah pasti gak bisa connect, brgitu connect, mau ngirim email bisa 5 jam baru berhasil, padahal emain cuman 5 kb doang…
    indikator sinyal 3G nya sih mantab terpampang jelas..tapi gak ada gunanya sama sekali…tetap aja super loyo…kadang2 cuma ngetik alamat http://www.google.com di browser..eh hasilnya error…hahahahaha…keterlaluan gak sih…
    tapi yah gitu deh…sinyal kuat indosat….kuat-kuatin hati nahan suebeelll….
    mudah2an sih operator2 ini bisa segera insyaf dan mulai berbenah diri lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.