Vista di Lingkungan Bisnis

Saya yang kebetulan menjadi seorang konsultan IT freelance, sering dibuat pusing dengan kehadiran Windows Vista dalam lingkungan bisnis. Mengapa? Oke, Ini mungkin beberapa contoh kasus yang saya hadapi.

Seorang User membeli notebook baru yang ternyata memiliki sistem OEM Windows Vista, setelah sistem terinstall. Ternyata aplikasi produktif yang biasa user gunakan tidak bisa berjalan seperti biasa, sehingga dengan terpaksa notebook tersebut harus dikorbankan sistem Vista-nya, dan downgrade ke Windows XP.

Ada lagi…

Seorang User membeli PC brand baru yang juga sudah terinstall sistem Windows Vista, ternyata setelah terinstall, komputernya tidak bisa terkoneksi ke server, dikarenakan server yang digunakan masih menggunakan Novell Netware 5.0, dan ternyata aplikasi Novell Client juga tidak kompatibel dengan Windows Vista. Sehingga untuk bisa terkoneksi ke Jaringan di kantornya, dia harus menggunakan Windows XP atau Linux.

Dan masih banyak lagi.. :D

Oke, Untuk masalah pertama, sebenarnya bisa saja kontak developer dari software tersebut untuk membuat versi Windows Vista-nya, hanya saja, jika aplikasi-nya dibuat agar compatible dengan Windows Vista, maka aplikasi tersebut akan tidak stabil jika berjalan di sistem terdahulu(XP/2000/Me/9x)

Sedangkan untuk kasus kedua. Mengapa masih menggunakan Novell Netware? Tidak lain karena memang stabilitas Netware bisa dipercaya, dan masih banyak aplikasi under DOS yang memang efektif dan compatible dengan Novell Netware.

Menurut saya pribadi, memang Windows Vista bukan rekomendasi untuk lingkungan perusahaan, berikut ini faktor-faktor yang membuat Vista tidak cocok di lingkungan perusahaan.

  • Resource yang terlalu besar. Sebenarnya ini bisa diakali dengan menonaktifkan beberapa fasilitas Vista, tapi… Apa wajar, jika kebutuhan hanya sekedar Word Processor dan Spreadsheet membutuhkan RAM minimal 512 MB ?
  • Tetap saja kena virus. Ini sih tidak jauh beda dengan Sistem Operasi Windows lainnya. Dipusingkan dengan virus :D Meskipun vista memiliki fasilitas UAC, tetap saja yang namanya user yang kebanyakan orang awam hanya bisa menekan tombol, Allow,Allow,Allow dan Allow sehingga ujung-ujungnya kena virus lagi :))
  • Aplikasi yang kurang kompatibel. Di lingkungan perusahaan(kecuali perusahaan designer) jangan harap bertemu dengan aplikasi rakus memory, paling yang hanya digunakan tidak jauh dari Microsoft Office, dan beberapa aplikasi kecil lainnya, dan kadang-kadang ada beberapa aplikasi yang kurang atau tidak kompatibel dengan Vista.

So, memang benar seperti yang dikatakan oleh Adinoto, bahwa ternyata memang Microsoft masih harus membenahi Sistem Operasinya, Lalu bagaimana dengan nasib Windows 7? Apakah sama dengan Windows Vista? Atau memang lebih baik dari Vista? Kita lihat saja nanti…

11 thoughts on “Vista di Lingkungan Bisnis”

  1. Jadi penasaran apa pendapat dari microsoft sendiri, sebenarnya bagaimanakah sosok “Windows Vista” di mata microsoft? :-? Belum lagi sekarang disibukkan dengan “Windows 7”, sebenarnya apa yang akan diunggulkan darinya, apakah akan menjadi lebih baik dari versi sebelumnya? /:)

  2. vista emang ga enakeun.

    (jawaban yang simpel)

    tapi sayangnya sekarang xp udah ditarik.

    jadi kasihanlah para pengguna pc

    wkwk

  3. cape deh urusan OS dr microsoft ini, katanya user friendly tp ampe skrg tetep aja org prefer xp daripada vista. qt lihat aja ap hebadnya windows 7 ato projek stlhnya nanti “midori” .. :d

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.