Menutup Finder dengan mudah

Seperti yang kita ketahui, Untuk menutup sebuah aplikasi yang berjalan di Mac OS X, dengan mudah kita bisa menekan kombinasi CMD+Q, klik Nama aplikasi di menu bar lalu pilih Quit, atau CTRL+Click di Dock Aplikasi tersebut, lalu pilih Quit.

Lalu bagaimana dengan Finder? Ya, aplikasi ini sama fungsinya seperti Windows Explorer yang merupakan organizer file beserta sistemnya, banyak orang berpendapat kalau Finder itu adalah kernel-nya Macintosh. Ini sama sekali tidak benar, Finder hanya sebuah aplikasi biasa yang berfungsi untuk mengelola file,folder, dan volume dalam sistem Macintosh.

Sekarang, bisakah Finder ditutup? Tentu Bisa! dengan cara di tutup paksa menggunakan Terminal.app atau Activity Monitor. Tentunya Cara tersebut sangat repot, lalu bisakah ditutup dengan cara yang sama seperti menutup aplikasi? Pada pengaturan default tidak bisa, karena Finder tidak menyediakan menu Quit. Seperti ini..

Namun, ternyata ada caranya agar Finder dapat menampilkan opsi Quit, caranya, buka Aplikasi Terminal.app via /Applications/Utilities lalu ketikkan perintah berikut

defaults write com.apple.finder QuitMenuItem -bool YES

dan restart Finder dengan mengetikkan perintah

killall Finder

Dan Jreeng‚Ñ¢ Maka akan muncul menu Quit pada Finder, seperti gambar dibawah ini..

Yupz, dengan ini anda dapat dengan mudah menutup Aplikasi Finder, Lalu apa yang akan terjadi jika Finder ditutup? Tidak jadi masalah, hanya anda tidak bisa mengorganisir File dan anda akan kehilangan semua drive yang sudah di mount :D

Untuk mengembalikannya cukup ketikkan perintah:

defaults delete com.apple.finder QuitMenuItem

dan restart Finder dengan mengetikkan perintah

killall Finder

Finish…

8 thoughts on “Menutup Finder dengan mudah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.