Rumus Kalkulasi Watt ke kWh

Bagaimana cara konversi tenaga listrik dalam satuan watt ke kilowatt-hour (kWh)? Jawabannya adalah tidak bisa, karena watt dan kilowatt-hour mewakili kuantiti/jumlah yang berbeda, tapi Anda bisa kalkulasi watt ke kilowatt-hour dengan menggunakan rumus yang akan dijelaskan di bawah.

Rumus kalkulasi watt ke kilowatt-hour

Energi (E) dalam kilowatt-hour (kWh) sama dengan tenaga(P) dalam watt (W), dikalikan waktu (P) dalam jam (hour), dibagi 1000:

E(kWh) = P(W)× t(hr) / 1000

Kilowatt-hour = watt x jam / 1000

Atau :

kWh = W × hr / 1000

Contoh:

Saya membeli setrika, dengan tenaga 2500 watt, berapa kWh konsumsi energi setrika tersebut jika dijalankan dalam waktu 1 jam? Berikut rumusnya:

E = 2500W x 1 / 1000 = 2,5 kWh

Berarti konsumsi energi setrika tersebut sebesar 2,5 kWh, lalu setrika tersebut saya bawa ke Indonesia, berapa biaya yang harus saya bayar? Tinggal dikalikan saja dengan biaya (C) TDL di Indonesia sebesar Rp 1467,28 / kWh, berikut perhitungannya:

E = 2,5 kWh x C=1467,28 = Rp 3.668,2

Jadi saya harus membayar biaya listrik sebesar kurang lebih Rp 3.668,2 untuk satu jam saya menyetrika pakaian.

Tapi perlu diingat:

  1. Kenapa saya katakan kurang lebih? Perkiraan ini tidak pasti karena setrika memiliki thermostat yang akan mematikan setrika saat sudah mencapai titik panas yang ditentukan, sama seperti AC dan kulkas, jadi hitungan konsumsi energinya tidak akan real satu jam sekalipun waktu saya menyetrika pakaian adalah selama satu jam.
  2. Semua hitungan ini hanya di atas kertas, setrika tersebut tidak bisa dipasang di rumah saya di Indonesia, karena batas daya di rumah hanya sampai 1.300VA, jadi kalau setrika tersebut saya pasang ya listrik di rumah langsung njepret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.