#7DayswithMarch 7: Review Nissan March

Akhirnya, tidak terasa juga, sudah hari ke 7 sudah saatnya Nissan March ini kembali ke Dealer

Di hari ke tujuh ini saya tidak melakukan perjalanan kesana kemari, sudah saatnya istirahat :p

Tapi disini saya akan coba memberikan sedikit review dari Nissan March kendaraan yang sakti mandraguna ini :)

Engine

100_8937

Mobil ini berdimensi mungil, bisa dibilang dia sedikit lebih kecil dari si Siswanto milik saya, atau lebih tepat ukurannya lebih mirip dengan Toyota Starlet kapsul, depan pendek, belakang pendek buntet :p . Dibekali dengan mesin 1.200 cc 3 silinder DOHC injection, penilaian saya bisa cukup responsif walaupun transmisinya automatic, ukuran mesinnya saya rasa cukup kompak, cuma kok saat dibuka kap depannya terkesan penuh ya? Apa karena memang dimensi kendaraanya kecil sehingga ruang untuk mesin di buat pas-pasan? Mungkin saja di generasi berikutnya penempatan mesin HR12DE DOHC 12 Valve ini lebih rapi.

Eksterior

100_8915

Bentuk depannya bisa dibilang ciamik, modern, dengan Crystal Head Lamp yang bentuknya unik menggunakan desain kristal pada reflektor yang membuat pancaran lampu lebih terang dan fokus, saya sudah mencobanya saat berkendara di sekitaran Sawangan, Depok tengah malam, cahaya lampunya cukup terang, bentuk grill-nya pun simpel dan modis tanpa mengurangi konsep aerodinamis, cuma Nissan March ini tidak include lampu tambahan di bawah bumper depan, padahal saya rasa  lampu tersebut cukup berguna agar lebih nyaman saat memandang bagian samping depan karena lebih terang.

100_8917

Bagian belakang dari Nissan March ini juga tak kalah ciamik dengan depannya, minimalis, simpel, ga neko-neko, bentuk lampunya yang sedikit ‘nongol’ dari bodinya juga memberikan kesan tersendiri loh ;) cuma minusnya, tidak ada rear spoiler yang berguna untuk memecah angin saat kendaraan melaju dengan kencang, tapi itu tidak apa, toh ini bukan mobil untuk ngebut ‘kan? Ini kendaraan untuk jalan-jalan santai, bareng anda sama kekasih anda misalnya? ;)

100_8921

Kelihatan kan yang seperti boomerang diatas itu? Ini yang belum saya temui pada kendaraan lain, tujuan dari boomerang diatas itu adalah untuk mengurangi yang disebut booming noise yang disebabkan tiupan angin pada saat mobil ini melaju dalam kecepatan tinggi, saya memang merasa tidak ada noise  yang mengganggu saat berjalan dengan kecepatan tinggi, dan itu semua karena lekukan ini ;)

Interior

100_8925100_8924

Foto diambil langsung setelah test drive, jadi mohon maaf kalau karpetnya tidak terlihat bersih :p

Mobil kecil ≠ Sempit

Ya, meskipun mobil ini berdimensi kecil bukan berarti interiornya juga sempit, di kursi depan dengan tinggi badan saya yang bisa dibilang simpel(baca:pendek) kaki saya masih bisa selonjoran, demikian pula dengan yang di belakang, saya tidak bisa selonjoran tapi posisi duduk saya juga cukup nyaman kok ;) , sedangkan kursinya yang berwarna hitam, abu-abu juga memberikan kesan yang elegan walau bukan berbahan kulit, sekalipun mobil ini dipanggang di terik matahari, saya tidak merasakan panas yang berarti di kursinya ;) demikian pula dengan pintunya yang juga memiliki kesan elegan dan rapi.

Oia, ada yang sedikit mengganjal

100_8934

Kenapa tidak ada cermin pada sunvisor pada bagian samping pengemudinya dan sebaliknya kenapa ada kaca pada sunvisor bagian pengemudinya? Bukannya yang sering butuh kaca itu penumpang yang disamping pengemudi ya? Pengemudi kan butuh kaca spion saja untuk melihat ke belakang.

100_8931

Lampu baca ini juga cukup terang saat saya hendak baca peta di malam hari, dan uniknya lampu ini tidak hanya menyala saat pintu terbuka, tetapi menyala saat kita hendak masuk dan keluar mobil, untuk urusan lampu ini sudah dibahas oleh Pranada.

100_8926

Bagian speedometer-nya saya lebih suka yang ini dibanding dengan Siswanto saya, dimana posisinya sudah di hadapan pengemudi, sedangkan mobil saya posisi speedometernya berada di tengah, pokoke lebih enak Nissan March ini deh ;) . Desainnya-pun sederhana, RPM dan Speedometer terbaca dengan jelas sekalipun saya sedang berkendara dalam kecepatan tinggi, MID-nya memberikan informasi yang cukup jelas seperti odometer, Trip A, Trip B, Konsumsi bahan bakar, kalkulasi konsumsi bahan bakar, dan cruising range, bahkan sampai jam digital juga ada(buat saya, jam dalam kendaraan adalah fungsi penting), MID ini dapat diatur cukup dengan satu tombol saja, sangat mudah untuk dipelajari ;)

100_8927

Bagian Dashboard-nya juga dibikin simpel, tidak terlalu banyak tombol sehingga tidak terkesan ribet, Head Unitnya sudah terintegrasi dengan dashboard, oia, Head Unitnya memiliki fasilitas standar seperti Single CD, Radio, dan AUX In, kualitaas suaranya? Sebenarnya kuping saya agak manja dengan sound system yang masih standar, tapi untuk menemani macet, saya rasa udah cukup, alunan lagu Ballade Pour Adelin, Forever in Love, Unchained Melody, Summer Kisses Winter Tears terdengar jelas dan jernih, begitu pula dengan lagu 7 Icons – Playboy terdengar sangat bersih suaranya cuma minus videoclipnya doank.

Bagaimana dengan kapasitas bagasinya? Sudah saya buktikan Nissan March ini mampu membawa seabreg nasi bungkus + Kerupuk + 2 Dus Es Buah dan 2 Dus Air mineral gelas. :D

Untuk konsumsi BBM, cukup irit, saya tidak melihat MID, karena saya belum memastikan akurasinya, tapi saya bisa menduga untuk luar kota/jalan tol bisa mencapai 25-30Km/ltr, dan untuk dalam kota bisa mencapai 15-20km/ltr, cukup irit untuk mobil kelas city car.

Sebenarnya ada fasilitas yang belum saya coba, yaitu pengereman ABS+EBD, Brake Assist, SRS Air Bag, dan Zone Body Concept yaitu desain body monocoque yang dirancang memiliki zona keselamatan penumpang dimana impact dari luar sebisa mungkin dapat ditahan sehingga tidak diteruskan ke penumpang atau pengemudi, tapi untuk membuktikannya, saya harus mengalami kecelakaan terlebih dahulu..

Astagfirullah.. Amit..Amit… :-SS

Kesimpulan saya:

Buat kamu-kamu yang merasa mobilitasnya tinggi, tapi ingin bergaya sporty namun tetap elegan, kamu membutuhkan mobil yang irit namun lincah, Nissan March adalah pilihan yang tepat buatmu.

Untuk Harga, saya belum begitu tahu, tapi untuk anda yang tertarik, silahkan datang saja ke

PT. Nissan Motor Indonesia — Head Office
Jl. MT Haryono Kav 10 Jakarta 13330, Jakarta
Phone  +62-21-8582323
Fax.     +62-21-8584912

100_8896

Mau? ;)

 

Beberapa tulisan menarik dari rekan-rekan:

PranadaLiving Daisy | Mbok Venus

15 thoughts on “#7DayswithMarch 7: Review Nissan March”

  1. saat dibuka kap depannya terkesan penuh ya?

    Cirinya city car tuh. Bahkan buat makin menghemat tempat mobilnya dibuat berpenggerak roda depan, jadi mesin bisa ditaruh melintang.
    Anggie:
    Sekalipun melintang, harusnya dibikin lebih rapih :D

    Tidur di mobil nyaman gak?

    Anggie:
    Lumayan :D

  2. Dikira Siswanto yang mana, hehe Itu fasilitas sisanya yang belum dicoba harus diserahkan sama orang yang bosan hidup kali ya? XD

    Anggie:
    Biasa 612 = Siswanto :p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.