Memanfaatkan Fasilitas Call Divert pada Ponsel

Saya memiliki dua telepon genggam, satu digunakan untuk public use dan satu lagi digunakan untuk private use, dimana nomor telepon dari ponsel yang private hanya diketahui oleh beberapa keluarga dan orang-orang terdekat saja.

Sayangnya, saya tidak belum terbiasa membawa kedua telepon genggam ini ketika berpergian dengan jarak tidak terlalu jauh, saya lebih memilih untuk membawa satu telepon saja, tapi tentunya akan terjadi missing communication dengan para fans saya jika saya hanya membawa telepon dengan nomor private, begitu pula sebaliknya, saya akan kehilangan hubungan dengan keluarga dan orang terdekat, dan hanya berhubungan dengan para fans saya saja, jika saya hanya membawa telepon dengan nomor public.

Ada satu fasilitas yang hampir dilupakan oleh pengguna telepon genggam, yaitu fungsi Call Divert/Forwading, fitur ini memungkinkan ponsel kita untuk mengalihkan panggilan masuk ke nomor lain yang telah ditentukan sesuai dengan kondisi(statement) yang telah kita tentukan sebelumnya.

Dan ini adalah sedikit step by step aktifasi fasilitas ini.

Note: Penulis menggunakan ponsel Nokia dan kartu pascabayar Satelindo GSM Matrix. Fasilitas ini tidak selalu didukung oleh operator yang anda pakai, silahkan hubungi operator anda untuk informasi lebih lanjut mengenai fasilitas ini.

Masuk ke Menu Settings/Control Panel/Global Configuration.. Dan masuk ke sub-menu Call Setting/Telephone

Setelah masuk ke menu call diverting, akan ada option tentang pengalihan panggilan yang akan kita gunakan, berikut adalah sedikit penjelasannya.

Divert All Calls. Pilihan ini akan mengalihkan semua panggilan ke nomor yang dituju tanpa kecuali.

Divert If Busy. Pilihan ini akan mengalihkan semua panggilan ke nomor yang dituju, jika ponsel yang kita gunakan sekarang sedang dalam panggilan/sedang sibuk.

Divert if out of reach. Pilihan ini akan mengalihkan semua panggilan ke nomor yang dituju, jika ponsel kita sedang berada di luar jangkauan atau sedang tidak aktif.

Divert if not answered. Pilihan ini akan mengalihkan semua panggilan ke nomor yang dituju, jika ponsel kita tidak menjawab panggilan masuk tersebut(bisa diatur setelah berapa menit panggilan akan dialihkan).

Divert if not available. Pilihan ini akan mengalihkan semua panggilan ke nomor yang dituju, jika ponsel kita sedang tidak memiliki voice plan atau panggilan suara tidak memungkinkan.

Dan pada kasus saya ini, saya memilih pilihan Divert if out of reach. Setelah memilih pilihan tersebut, masukkan nomor tujuan pengalihannya. Nomor ini bebas, bisa ke operator lain.

Setelah itu, klik Done/OK… Tunggu hingga proses request divert selesai, dan jika ada notifikasi success, berarti panggilan berhasil di alihkan dengan kondisi jika ponsel dimatikan.

Setelah itu, coba matikan teleponnya, dan hubungi nomor tersebut, maka secara otomatis operator akan mengalihkan panggilan tersebut ke nomor yang telah ditentukan.

Hanya saja masih ada beberapa kelemahan, yaitu..

  • Tidak belum bisa mengalihkan SMS. Ada yang tau?
  • Jika nomor yang dialihkan berbeda operator, maka orang yang menghubungi kita, jika sesama operator, karena dialihkan ke nomor yang berbeda operator tersebut, maka secara otomatis tarif yang dikenakan bukan tarif sesama operator, melainkan tarif beda operator yang akan dikenakan, makanya, ketika “dia” menghubungi saya, pulsa dia terasa cepat habis, padahal ke sesama operator… Bukan salah saya ya :syaiton:

Tapi diluar semua kekurangan ini, fasilitas ini cukup berguna bagi saya, yang mulai mobile namun tidak terlalu suka membawa banyak ponsel :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.