Ketagihan Ubuntu, Mulai Alergi dengan Windows

Awalnya…

Mungkin udah kesekian kalinya gw kecewa dengan produk Microsoft yang satu ini, mulai dari masalah Automatic Update, sampai masalah virus-nya itu(komputer bervirus=lambat, tidak bervirus=lambat karena Antivirus). Akhirnya membuat gw ingin berpindah sistem opeasi alternatif..

Awalnya, gw pengen install OSx86 di laptop Acer gw, cuma karena memang masih banyak trouble, gw belum bisa install OS ini, Linux? Pada awalnya gw biasa install linux untuk kebutuhan server, dan belum kepikiran untuk Install OS ini di Laptop, tapi akhirnya gw jadi pilih linux :P
Pertama kali kenal ma Ubuntu

Awalnya, gw kenal ma sistem ini dari ayah gw, waktu itu gw pikir Ubuntu ini basisnya dari FreeBSD karena memang pemakaiannya mudah, eh,, ternyata ini dari turunannya Debian. Kesan pertama yang gw dapet dari ubuntu ini, gampang install aplikasinya, update dilakukan secara berkala(setiap 6 bulan). Tampilannya menarik, Installernya cuma 1CD(kecuali tambah repository)

Setelah Merasakan Ubuntu

Oke, gw coba install ubuntu ini diaptop Acer Aspire 4310 gw(leptop cupu), ternyata keren juga, tampilannya, dan gw juga install CompizFusion untuk effect tambahan :)

Mirip CoverFlow-nya iTunes

FireEffect.. Bisa coret-coret kalau lagi ga ada kerjaan :P

dua desktop dilihat secara bersamaan

Peforma?? Menurut gw, ubuntu ini jauh lebih baik daripada si windows,dibuat kerja rodi masih kuat.. Gw jalanin aplikasi GIMP, Inkspace,Qcad, dengerin musik pake VLC, chat pake Pidgin, ngetik pake OpenOffice.org, browsing pake Firefox semua secara berbarengan, ga terasa berat, malah lebih ringan daripada windows…

Biasanya di windows segini udah berat :P

Tapi, dengan aplikasi-aplikasi ini gw udah cukup terbantu dan kayaknya gw mulai alergi ma windows :P (tapi ga alergi ma Mac OS X)hehe.. Dan mungkin secara perlahan-lahan gw mulai ninggalin windows..

Owh, ya.. Thanks berat buat si Kambing yang udah menyediakan mirror yang bisa gw akses dengan cepat dari internet di rumah saya..

Siap beralih dari Windows ke OpenSource?? ;)

27 thoughts on “Ketagihan Ubuntu, Mulai Alergi dengan Windows”

  1. Yah wajar dongs.. di windows pasti belum pernah di tune.. jadi nya yah gitu.. lemot.. di linux kan cepat soal nya kebanyakan process yang ga jelas.. kalo ada patches apa lagi , pas di install malah menuhin hardisk dan nambah process.. jelek.. tapi orang masih lebih familiar dan gampang penggunaan nya.. soalnya udah dari moyang pake nya windows.. mule dari yang zaman jebot sampai sekarang.. apa lagi vista yang sekarang.. kalo linux .. video card banyak yang ga support.. soundcard.. pokoke driver gitu dah.. gw pernah nginstall ubuntu gutsy + compiz fusion.. tapi yang kedetect hanya vga bertitle NVIDIA .. terus kalo ati gimana?? susah euy.. atifireglx gw ga jalan.. kan bete.. terus harus banyak di install.. kalo yang kurang badwidth atau ga punya internet kan kasihan.. harus bikin repository local.. ? yah mungkin suatu saat bisa lebih sempurna.. sejauh ini masih windows yang masih banyak di gunakan.. buat home users.. kalo kantoran lebih milih nya.. pasti linux. soal nya gratis.. :p heheheh :)

  2. Yah wajar dongs.. di windows pasti belum pernah di tune.. jadi nya yah gitu.. lemot.. soal nya kebanyakan process yang ga jelas.. kalo ada patches apa lagi , pas di install malah menuhin hardisk dan nambah process.. jelek.. tapi orang masih lebih familiar dan gampang penggunaan nya.. soalnya udah dari moyang pake nya windows.. mule dari yang zaman jebot sampai sekarang.. apa lagi vista yang sekarang.. di linux kan cepat soalnya.. process OS nya hampir mencapai tahap efficiency.. jadi nya yah gitu.. tapi ga lepas dari kata “hang” lho :p .. kalo linux .. video card banyak yang ga support.. soundcard.. pokoke driver gitu dah.. gw pernah nginstall ubuntu gutsy + compiz fusion.. tapi yang kedetect hanya vga bertitle NVIDIA .. terus kalo ati gimana?? susah euy.. atifireglx gw ga jalan.. kan bete.. terus harus banyak di install.. kalo yang kurang badwidth atau ga punya internet kan kasihan.. harus bikin repository local.. ? yah mungkin suatu saat bisa lebih sempurna.. sejauh ini masih windows yang masih banyak di gunakan.. buat home users.. kalo kantoran lebih milih nya.. pasti linux. soal nya gratis.. :p heheheh :)

  3. Tapi klo ubuntu ngak bisa di install Crysis, Company of Heroes, Frontline: Fuel of War, Lost planet : Extreme Condition dll.

    Bagi diriku yang seorang gamer,, vista tetap jadi idola.
    Hampir semua virus bisa d bersiin pake “tangan kosong” kok,,
    Tapi tergantung keperluannya sie…

  4. @Labyrinth
    bisa kok pake WINE….eh jd ikutan bales komentar gw ^_^

    salam kenal mbak…terusin aja pake Ubuntu…lama2 pasti nyampe kesimpulan kalo Ubuntu itu terlalu newbie trus pindah ke openSUSE

    *mode ngerayu : on

  5. Udah make Ubuntu lah kau ini rupanya (dengan logat batak). Ubuntu itu emang keren bro.

    @Ridhoyp: saya make Driver ATI & gak ada masalah. Siapa bilang ATI gak support Ubuntu?

  6. komputer bervirus=lambat, tidak bervirus=lambat karena Antivirus

    Bener juga ya. Tapi kalo memory mencukupi gak terlalu jadi masalah kok :D

    Masalah linux atau windows… wah, saya sich setuju sama kata pak RSW ( pendiri ilmukomputer.com itu … ) yang enak itu jadi oportunis teknologi. Kalo windows dibutuhkan oke… kalo saat linux dibutuhkan, oke juga. No problemo…

    Jadi gak mikir susah-susah mau “ber-agama” ke sistem operasi mana :D

  7. wah.. gw justru bingguuuuuuuuuuuuuungg bgt make ubuntu ni…. walaupun dah seminggu make ubuntu di kantor tetao aja gw gw bs stel mp3, install opera karena fire fox nya sering bermasalah

  8. siapa bolang ubuntu canggih, ubuntu cepat, ubuntu yang paling ….., untumu iku.
    masa ubuntu di install di compaq 510 core 2 duo kerjanya kaya pakai kompi jangkrik jaman tahun 1985, apanya yang paling ??? paling-paling bikin pusing, gak bisa dipakai kerja ngebuttttt.
    Asal softwarenya legal, di windows dapat diajak ngebut………………………….!!!!!!!!!!!, tapi tidak benjut.
    Selamat berpusing ria, semua. Sarimin cah eduan………

  9. wah… ikut komen Om,
    karena banyak distro linux, neh kompi kantor tak instal macem2 linux.. ubuntu, knoppix, pclinuxos,xandros.
    pengennya nyobain open suse atau sled.
    kesan pake linux:
    1. tampilan lebih segar.. (krn baru kali)
    2. lebih ringan
    3. lebih dipelototin kawan (karena pada bingung, n nanyain kok linux).
    salam bro…

    kalau da yg punya sled, mintak lah,,…

  10. Ikutan Koment yah … Ane Juga newbie … Masing2 OS punya kelebihan dan kekurangan … Windows support ke banyak software . Mudah penggunaannya karena pake GUI ( sebagian besar Linux juga menggunakan GUI sekarang ) lebih familiar … . kekurangannyanya dari sisi sekuritas kurang jauh … gampang Crash . tidak Stabil .. Tidak butuh Root Admin untuk menjelajahi File system
    Linux ( Ubuntu ) : Mudah penggunaannya , versi 10.10 support ke banyak Software / hardware ,Stabil . Gak gampang Crash walaupun dipaksa buat kerja dua hari berturut2 tanpa dimatikan . Sisi sekuritas ketat kebal Malware yang berbentuk EXE asal gak di install Wine . Butuh Root Admin untuk masuk kedalam system. kekurangan : Gak Familiar Oh ya 1 hal Linux gak kenal istilah bajakan / Original ( Windows Family kenal )

  11. This is the turn Ketagihan Ubuntu, Mulai Alergi dengan Windows | I'm Anggie blog for anyone who wants to act out out most this content. You attention so such its virtually exhausting to debate with you (not that I rattling would want…HaHa). You definitely put a new reel on a theme thats been engrossed near for life. Prissy push, simply enthusiastic!

  12. maaf agan2 yg ganteng2 , mo nanya ni pemula
    aku pake windows xp . dualcore ram 3 gb
    bisa ngk pake ubuntu tolong jelasin ya
    tolong di jelasin secara ngomong dengan anak sd biar faham boss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.