Bypass Proxy dengan SSH Tunneling

Artikel ini mungkin ini sudah sangat basbang, banyak dicari di internet, tapi toh, tidak ada salahnya kan kalau saya coba tulis ulang disini, ya, sebenarnya ini merupakan salah satu riset saya 2 tahun yang lalu, ketika saya masih kelas 1.Ini teknik jadul untuk mendapatkan bandwidth yang masih fresh dan melewati akses proxy server.

Proxy Server sendiri adalah mesin yang ditugaskan untuk menyalurkan dan membagi bandwidth dari ISP ke setiap komputer client. Tentunya bandwidth yang sudah melewati Proxy server ini sudah dibatasi, atau bahkan beberapa situs yang sudah terblokir oleh proxy server.

Sebenarnya ada satu cara untuk melewati proxy dan mendapatkan bandwidth yang masih fresh, yaitu dengan metode SSH Tunneling, metode ini adalah metode dimana bandwidth akan diselundupkan melalui protokol SSH yang sudah di forward ke port yang sudah ditentukan.

Untuk cara ini, tentunya kita harus memiliki akses SSH ke server tersebut, susah? Gunakan Social engineering. Tidak harus menggunakan account root untuk melakukan tunneling ini, user biasa bahkan guest(kalau diaktifkan) juga bisa. Syarat kedua yang harus diaktifkan adalah diaktifkannya TCP Forwarding pada SSH Server/Mesin proxy tersebut, secara default, TCP Forwarding sudah diaktifkan.

Oke, kita mulai saja..

Pertama-tama, buka terminal, pada kasus ini saya menggunakan sistem operasi Mac OS X, cara ini hampir sama dan dapat diterapkan pada sistem operasi berbasis *NIX lainnya, untuk sistem operasi windows,bisa menggunakan aplikasi seperti puTTY.

setelah jendela terminal terbuka, ketikkan perintah seperti pada gambar di bawah ini.

Perintah -D <nomor port> diatas adalah untuk menentukan port dynamic yang akan di forward ke komputer kita, setelah itu, biarkan jendela terminal ini, bila perlu minimise saja, asal jangan sampai di tutup.

Setelah itu masuk ke aplikasi browser, kali ini saya menggunakan Mozilla Firefox. Setelah itu,masuk ke menu Firefox > Preferences. Setelah itu, masuk ke tab Advanced, dan tab Network. disana ada pilihan Connection Setting, isikan dengan konfigurasi seperti gambar di bawah ini.

Pada port SOCKS Host, isikan dengan IP localhost atau 127.0.0.1 dan portnya sesuaikan dengan port yang telah di tentukan pada saat login via SSH tadi.

Setelah itu coba untuk browsing, sebelumnya bisa diperiksa dulu menggunakan Proxy Checker.

Dan berikut adalah hasilnya..

Gambar diatas ini adalah ketika browser belum melakukan tunnel via SSH, dan gamnar dibawah ini adalah browser yang sudah di-tunnel via SSH.

Terlihat pada gambar bahwa setelah dilakukan SSH Tunneling, IP Private kita tidak akan terlihat. Untuk urusan bandwidth tentunya kecepatannya sudah sama dengan ketika kita berselancar di mesin proxy tersebut, tanpa ada batasan bandwidth, batasan site, dan batasan lainnya. :D

Selamat mencoba :)

10 thoughts on “Bypass Proxy dengan SSH Tunneling”

  1. Nah, proxy server yg support SSH dengan bandwidth yang cukup fresh bin kenceng lagi free itu bisa kita dapat dari mana? Apa di google aja? Tp kayaknya sampeyan tulis aja sekalian deh, biar kt2 tinggal mmenikmati aja, hehehe…

  2. Hello would you mind stating which blog platform you’re using? I’m looking to start my own blog in the near future but I’m having a tough time making a decision between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I’m looking for something unique. P.S Apologies for getting off-topic but I had to ask!

  3. Hi there! Someone in my Facebook group shared this site with us so I came to check it out. I’m definitely loving the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Great blog and fantastic design.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.