Mengisi waktu disaat puasa

Puasa kadang-kadang membuat orang menjadi malas, karena harus bangun di malam hari untuk makan sahur, padahal bukan suatu alasan kita untuk bermalas-malasan, atau tidur melulu, masih banyak kegiatan yang sangat berguna untuk mengisi waktu luang kita, bahkan dapat juga meningkatkan keimanan kita di bulan ramadhan ini.. Dan ini adalah beberapa kegiatan yang saya lakukan selama bulan ramadhan…

  • Membaca Al-Qur’an. Ini dulu kebiasaan sewaktu saya masih tinggal di Moscow, Rusia. Walau tidak terlalu sering, minimal kita membaca 5-10 ayat yang ada di Al-Qur’an, dulu, sewaktu di Moscow, setiap bulan ramadhan saya selalu membaca Al-Qur’an dimana saja, seperti di Bis, taman, dan public places lainnya, sayangnya saya tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut di Indonesia, karena agak janggal rasanya melihat orang membaca Al-Qur’an di tempat umum,hehe..
  • Internet-an. Ya, kalau anda punya akses internet unlimited 24-hours, anda bisa mengisi waktu luang untuk internetan sambil menunggu buka puasa :D . Disamping membuka situs berita, e-mail, dan Plurk! :D,¬† ada baiknya anda mengunjungi situs seperti CyberMQ untuk membahas dan mengetahui lebih dalam tentang agama :)
  • Tune Up PC. Kapan terakhir kali anda melakukan defrag pada PC anda? :P Di waktu senggang ini mungkin anda akan punya waktu untuk merawat PC atau Mac anda, anda bisa menggunakan 3rd party Application untuk membersihkan komputer anda dari spyware, ataupun mengosongkan cache dan Trash yang sudah terlalu penuh, jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam PC atau Mac anda dari segala kotoran dan debu, ini dilakukan agar dapat memperpanjang umur PC atau Mac anda, ini mungkin saatnya anda Tweak Up PC anda di bulan ramadhan ini, agar setelah lebaran, anda akan lebih nyaman bekerja dengan komputer anda.
  • Mendengarkan Murotal. Kalau anda terlalu malas membaca Al-Qur’an, Mendengarkan pun akan dapat pahala ;) , maka cobalah untuk memasukan sekumpulan murotal atau bacaan ayat-ayat Al-Qur’an ke dalam Playlist iTunes anda. Sambil internet-an atau mengerjakan sesuatu, tentunya akan lebih nyaman sambil mendengarkan bacaan murotal.
  • Berdiskusi mengenai Islam dengan teman-teman. Kalau mungkin sebelum bulan puasa kita biasa ber-gosip ria dengan teman melalui Yahoo! Messenger :D Pada kesempatan ini, kita bisa berdiskusi dengan teman mengenai agama atau yang lainnya, sekedar menunggu waktu berbuka puasa saja,hehehe…
  • Persiapan Mudik. Bagi anda yang selalu pergi mudik menjelang lebaran, persiapan haruslah dimulai dari awal-awal, seperti membeli tiket bagi yang menggunakan kendaraan umum, atau check up kendaraan pribadi.

Mungkin itu saja yang bisa saya kerjakan di bulan ramadhan ini…. Bagaimana dengan anda?

16 thoughts on “Mengisi waktu disaat puasa”

  1. ridu | 58.65.241.165
    trus yg udah lo lakuin yg mana?? :P

    Semuanya donk :P

    o r a n g g | 125.160.124.128
    enak bgt ii..
    dsni mah bangun pagi – sekolah mpe jam set 12 – ngerjain tugas – BELAJAR! buat ulangan
    aaa pusing!

    Sama aja kalee.. Aku juga gitu :P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.