Nomor ponsel = Privasi

Ada seseorang bertanya? Apakah nomor telepon itu sebuah privasi dari diri kita seseorang? Atau sebuah nomor yang wajib kita sebarkan..?

Kalau menurut saya, secara pribadi nomor telepon atau nomor ponsel itu adalah sebuah privasi, layaknya alamat IP pada komputer. Mengapa disebut privasi? Ya tentunya karena dengan mengetahui nomor ponsel, tentunya seseorang dapat dengan mudah menghubungi kita. Ya, dengan mudah, tentunya tidak semua orang di dunia ini bersifat baik, masih banyak orang jahat ataupun iseng, dengan menggunakan nomor ponsel kita, tentu saja orang bisa menghubungi kita dengan maksud dan tujuan yang kurang jelas, atau dengan sengaja berniat jahat pada sang pemilik nomor ponsel tersebut.

Lalu bagaimana solusinya? Hmm.. Mungkin yang pertama kita bisa menggunakan 2 nomor ponsel, bisa 1 GSM, 1 CDMA, kita bisa saja mengatur kedua nomor tersebut, misalnya nomor yang pertama hanya untuk teman dekat ataupun keluarga, sedangkan nomor yang kedua digunakan untuk nomor publik, jadi untuk seseorang yang belum kita kenal dekat, dia bisa menghubungi kita dengan nomor publik atau nomor kedua tadi. Tentunya untuk menggunakan 2 nomor ponsel membutuhkan 2 ponsel lagi, kecuali anda menggunakan 1 ponsel 2 kartu dengan sistem swap on, akan terasa merepotkan. Lebih gampang menggunakan model 1 ponsel 2 kartu dengan posisi kedua kartu itu on itu akan lebih mudah.

Atau, kita bisa saja menggunakan 1 nomor, namun kita menerapkan aturan ekstra hati-hati. Kita hanya menyebarkan nomor kita kepada orang yang sudah dikenal saja. Untuk cara ini kita memang harus hati-hati, jika salah memberikan nomor ponsel kita kepada orang yang belum terlalu kenal, nomor kita bisa jadi target spam, sebenarnya kita bisa menggunakan fasilitas call barring untuk membatasi panggilan masuk. Metode satu nomor ini biasanya diterapkan kepada orang yang ingin simpel dan tidak memerlukan banyak nomor dan juga tidak mampu membeli 2 ponsel atau membeli pulsa untuk kedua nomor ponselnya.

Saya sendiri menggunakan 2 ponsel, dengan 2 kartu yang berbeda, prabayar dan pasca bayar, dan nomor pasca bayar ini sudah lama saya pakai,namun dikarenakan tagihan saya yang sering membengkak, maka dengan terpaksa saya membeli nomor prabayar, agar dapat membatasi pemakaian, namun seiring dengan bertambahnya usia, saya sudah mulai bisa membatasi diri dengan pasca bayar dan mulai meninggalkan nomor yang prabayar secara perlahan-lahan, karena gak kuat beli pulsa+bayar tagihan pasca bayar :P .

Bagaimana dengan anda?

27 thoughts on “Nomor ponsel = Privasi”

  1. Ya iyalah, disini lebih polite lagi, kalo ada yang mau minta nomer telp kita, biasanya kita minta ijin dulu, gak langsung maen kasih, kalo langsung di kasih, trus tiba2 nelp dan bilang dari si anu, biasanya langsung marah ke si anu nya

  2. klo sy jg begitu, ada 2 nomor. 1 nomor khusus utk register member card ini itu, tp utk keluarga & kantor jg ada 1 lg yg bener2 nomor resmi. jd kita tdk perlu merasa terganggu dgn nomor2 ga dikenal yg mungkin nelp nawarin sesuatu. tinggal dimatikan.

  3. Nomor ponsel = privasi? Setuju.
    Anyway, saya cukup menggunakan 1 nomor aja. Bagi saya, cukup ribet punya 2 nomor (selain bikin lebih banyak uang keluar untuk beli pulsa). Hehehe…

    :-D

  4. no ponsel tu kaya email. penting, tapi kalo disebar-sebar sembarangan bisa bahaya, kaya email bisa di spam. kalo no hp kita jatuh ke orang jahat, bisa ditipu2 gt.
    btw, buat nampilin asal negara ma browser pada comment itu, pake plugin ato gmn ya? hehe..

  5. ahamdulillah nomer q yang pasca dah “terkendali” billingnya, yg rame malah di nomer prabayar, yah itu juga hanya untuk urusan yg produktif, biasanya yg iseng q diamin ato q laporin nomernya k operator sih.

    yup nomer memang privasi, terutama nomer primary qt, hanya teman2 terdekat yg boleh tahu. jadi kenapa disamakan dgn IP ? toh bkn nya kebanyakan IP umum yg dipakai dynamic, kecuali yang dedicated spt perusahaan jelas.

  6. Sekalipun dimanis itu tetap privacy kan?

    Anggaplah di komputer kita terhubung ke internet dengan IP dinamis, yang notabene berubah-ubah setiap kita terkoneksi, namun IP tersebut menjadi milik kita selama kita terkoneksi, dan kita perlu menjaga privasi IP kita walaupun sifatnya sementara atau dinamis. :)

  7. Kembali kepada kita, mau menjadi pribadi yang baik buat orang lain atau tidak? Nomor orang koq dibikin spam? nggak etis buanget!!
    Saya sendiri pakai 4 nomor dgn provider yang berbeda, 2 nomor di buka untuk publik 1 nomor untuk keluarga 1 nomor untuk bisnis. Ada yang pra bayar ada juga yang paska bayar.
    Kondisi ketika nomor yang pulsanya habis saya tetep konsisten untuk tidak memberikan nomor lain, tapi situasional banget. melihat-lihat siapa yang diajak bicara dulu.
    Saya melakukan ini karena pernah mengalami kasus yang tidak menyenangkan. itu saja. Jadi berapa nomor anda sebenarnya? salam kenal bro!!

  8. kalo menurutku sih,
    gag gitu2 amat, maksudnya gag perlu ampe pake 2 hape segala. kita kan bisa mengatasi orang2 iseng dengan beberapa trik, mis klo ada no gag dikenal nelpon yaudah gag usah diterima. kan gampang lagi pula irit tuhw :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.