Hey, Don’t Touch My Notebook

Dirty iBook

Tidak, Kali ini bukan saya bermaksud sombong untuk melarang orang lain menyentuh komputer saya, saya izinkan semua teman saya untuk menggunakan komputer saya secara bebas, asalkan jangan sampai Sistemnya di-reinstall :D . tapi ada beberapa hal yang agak saya kurang suka saat beberapa orang menggunakan komputer saya, dan saya juga kurang enak menegurnya. Dan masalah tersebut adalah sebagai berikut.

1. Please, Wash your hands

Beberapa orang bahkan teman saya yang memang memiliki kerjaan agak ekstrim seperti membongkar komputer atau PC yang sudah berumur tentunya akan berurusan dengan debu, biasanya beberapa teman saya menggunakan laptop saya untuk memeriksa hardware dari PC tersebut, dan celakanya, kadang setelah berurusan dengan komputer berdebu tersebut, mereka memegang keyboard iBook G4 saya yang kebetulan berwarna putih, atau Acer Aspire saya yang juga kebetulan berwarna putih :| . Sangat terlihat jelas bekas debu yang menempel pada keyboard laptop saya. Dan dalam urusan ini, saya tidak berani menegur orang tersebut, kenapa? Gak Etis :D dia kan bekerja dengan debu, masa saya harus menyuruhnya untuk mencuci tangan sebelum memegang keyboard? :)) Dan sampai saat ini saya masih kesulitan membersihkan bekas debu tersebut. Any idea?

2. USB Flash Drive Only, No USB External Hard Drive

Beberapa teman saya memang sering sekali memasang beraneka peralatan USB dari FlashDisk dan Printer, sampai device aneh seperti USB Fan, USB Vacuum Cleaner?, Tapi kali ini saya tidak khawatir dengan ancaman virus Sorry, Every viruses designed to work in Windows environment only, not in Mac :P . Justru yang menjadi ancaman saya kali ini adalah USB Hard Drive, atau biasa disebut External Harddisk. Mengapa? Kadang teman saya yang mempunya harddisk eksternal bertanya kepada saya seperti ini.

Punya artikel tentang hacking gak?”

Lalu saya menjawab “iya, ada di laptop saya, kalau mau ambil aja“, sayangnya saat dia browse isi Harddisk saya, dia menemukan file MP3, Film, Animasi flash lucu, dan beberapa file kerjaan saya. dan dengan seenaknya dia menekan tombol CMD+A(Select All), lalu CMD+C(Copy) dan CMD+V(Paste) di Harddisk eksternal dia. Libraly Photoshop, Master Software, Film, MP3, dan lain-lain dirampok oleh dia, Harddisk laptop saya cuma 80GB, dan External HD dia 250GB. Kalau bisa sedot semua isi harddisk saya beserta Root Filesystem-nya :)) . Untuk masalah ini juga saya kurang berani menegurnya, karena File MP3, Film, juga saya dapat dari teman dan sisanya dari Internet. jadi Gak Etis juga melarang dia, hanya saja beberapa file dokumen pribadi juga dia copy, Untuk hal ini saya kurang begitu suka karena ini sudah mengganggu privasi saya.

3. This is not a Touch Screen.

Untuk kejadian ini, kebanyakan bukan teman saya yang melakukannya, tapi terkadang rekan kerja saya yang notabene adalah bapak-bapak, kebanyakan saat saya memberikan presentasi kecil-kecilan mengenai software development atau infrastruktur jaringan. Saya tidak menggunakan Projector, hanya mengandalkan Layar LCD iBook G4 yang berukuran 12″. Cukup? Tentu saja tidak, kalau ada orang yang tidak dapat melihat jelas apa yang tertulis di layar, tinggal ambil laptopnya dan dekatkan ke orang tersebut. Gampang kan? :)) . Hanya bukan itu masalahnya, masalahnya, ada beberapa bapak-bapak yang bertanya dan menempelkan tangannya di LCD laptop saya, seperti yang kita tahu bahwa LCD sangat peka terhadap sentuhan, dan bagi yang tangannya basah karena keringat, akan meninggalkan jejak di LCD tersebut, dan sayangnya, karena lawan bicara saya kebanyakan orang yang lebih tua dari saya, dan memiliki sifat gak mau kalah sama anak muda, dan cenderung keras kepala, saya lebih memilih tidak menegur mereka.

So, mungkin inilah beberapa permasalahan saya dengan laptop ketika dipinjam orang lain, tapi ya, namanya juga dipinjam, sudah pasti ada resikonya, salah satunya seperti yang sudah saya ceritakan diatas :D .

10 thoughts on “Hey, Don’t Touch My Notebook”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.