Musim kemarau tahun ini…

Ya, itulah kondisi Kota Bandung beberapa hari ini, disaat malam rasa dingin sangat terasa sekali, bahkan sampai meja yang terdapat di kamar saya juga terasa dingin sekali, sebaliknya, di siang hari, rasa panas sangat menyengat, dan udara terasa kering sekali. Inilah musim kemarau.. Lalu, kok bisa sampai terlalu panas di siang hari dan terlalu dingin di malam hari?

Musim Kemarau kondisi dimana tidak ada awan, sehingga saat pagi hari radiasi gelombang panas dari bumi langsung lepas ke angkasa, tidak ada yang menahan. Pagi hari terasa dingin, tapi siang terasa amat panas.

Di siang hari suhu menjadi sangat panas dikarenakan pemanasan dan radiasi dari matahari yang tidak bisa lepas ke angkasa. Hal itu diakibatkan banyaknya gedung-gedung tinggi dan mulai berkurangnya pepohonan. Selain itu, banyaknya polusi juga berpengaruh. Siang hari, radiasi gelombang panas tidak bisa lepas ke angkasa karena terjebak polusi sehingga kembali lagi ke bumi.

Di samping tidak adanya awan dan kondisi bumi yang panas, musim kemarau pun ditandai dengan hembusan angin kencang, kelembapan udara sangat rendah, dan berkurang atau tidak adanya uap air. Kondisi inilah yang memungkinkan terjadinya kebakaran.

Oke, mungkin itu penjelasan secara teknis mengapa kita selalu merasa kepanasan di siang hari dan selalu kedinginan di malam hari. Bisa disimpulkan bahwa ini sebenarnya ulah manusia itu sendiri, kondisi inilah yang memicu terjadinya Pemanasan Global. Lalu bagaimana kedepannya jika kondisi ini dibiarkan? Mengingat ini semua karena perbuatan kita sendiri yang secara tidak langsung telah merusak siklus alam. Apakah kita bisa mengembalikannya? Tentu bisa.. Asal ada kemauan ;)

13 thoughts on “Musim kemarau tahun ini…”

  1. ga cuma dibandung mas, di jakarta sekarang juga begitu.
    malam terasa dingin, dan siang wuihh… lebih puanas lagi..

    ini efek yang diberikan oleh global warming.

    mari berbuat untuk mengurangi global warming :)

  2. Setahun lalu wkt saya br pindah ke Jkt, saya pikir air di rumah ini yg bermasalah makanya kulit jd kering bgd. Tp setelah tahun ini mengalami hal yang sama, jg di bulan yang sama! sy baru ngeh, ternyata ini krn Jkt udah kering kerontang, kemarau buat kulit jd kering. Jd musti pake lotion banyak-2…

  3. gor,,,maaf salah alamat..!!!

    mw tanya..!!! klo mw memperbaiki website yang ke hack atw salah source code tp ga dikasih admin full accessnya gimana…!!!:d

    pusing ui masalah PKL:((

  4. Kamu udah ngerasakan dampak pemanasan global begitu juga aku disini dan dimana2 hal yang sama terjadi…
    s0,, kita cari solusinya bersama:-?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.