Review: Youtube Music

Youtube Music

Youtube Music adalah aplikasi music streaming yang dikembangkan oleh YouTube. Ya, ini sama seperti Spotify, atau kita bisa bilang ini adalah saingan dari Spotify.

Sama seperti Spotify, Youtube Music memiliki layanan premium, berikut adalah beberapa benefit dari layanan premiumnya:

Premium

Ad-free music dan offline music ini fitur premium yang sama seperti Spotify tawarkan kecuali satu, listen in the background, fitur ini yang membuat saya ilfeel, saat pertama kali saya coba install aplikasi ini di ponsel saya, dan masih dalam mode free alias gratis, musik akan langsung mati saat layar masuk mode sleep. Jadi sebagai pengguna gratisan selain saya harus dengar iklan, saya juga harus mantengin layar ponsel sepanjang hari?

Karena itu, saya coba seminggu pakai Youtube Music, apakah ini worth atau tidak. Kali ini saya akan coba yang free alias gratisan, dan saya coba pakai web player, karena sudah tidak suka dengan aplikasinya.

Karena Youtube Music ini milik Google, tentunya kita dapat menggunakan akun Google kita, tapi uniknya, Youtube Music dapat digunakan tanpa perlu akun Google, hanya saja kita tidak bisa membuat playlist.

Uniknya lagi, saat saya coba memutar lagu Kiss Me-nya  Sixpence None the Richer, yang keluar adalah lagu… beserta video clip, ya, sama seperti di aplikasinya yang ada video clip, bahkan di beberapa video clip ada logo VEVO. Ini sih tidak jauh beda dengan Youtube biasa :D

Tapi tidak semua lagu ada video clip, beberapa lagu hanya menampilkan album cover, sama seperti spotify.

Satu lagi yang unik, iklan yang tampil di Youtube Music ini adalah iklan yang sama yang sering tampil di Youtube, beberapa bisa di skip, sisanya tidak bisa di-skip.

Kelengkapan lagu

Untuk memeriksa ini agak sulit, setiap orang memiliki selera lagu yang berbeda-beda, tapi untuk saya, saya berhasil membuat ulang playlist yang sama dengan playlist yang ada di akun spotify saya, ini berarti koleksi lagu saya semuanya ada di Youtube Music, termasuk lagu berbahasa Indonesia dan Rusia. Ini cukup menarik, mengingat Youtube Music sampai saat ini(03/09) belum tersedia di Indonesia.

Harga

Di Belanda, layanan premium dari Youtube Music dibandrol seharga 9.99/bulan atau 14.99/bulan untuk family yang bisa digunakan sampai dengan 6 member di satu alamat.

Sedangkan layanan Spotify dibandrol seharga 9.99/bulan dan 14.99/bulan untuk family. Ya, 100% sama.

Jadi, anda pilih Spotify atau Youtube Music?

3 thoughts on “Review: Youtube Music”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *