Seputar Intel-Based Mac

Seperti yang kita tahu bahwa generasi Apple sekarang telah menggunakan Prosesor berbasis Intel(Intel Core Duo, Core 2 Duo, Xeon). Dan yang paling fenomenal adalah sekarang kita dapat menjalankan secara native Windows XP dan Vista yang notabene berbasis x86 di Mac berbasis prosesor Intel.

Saya mengenal Mac bukan 1-2tahun yang lalu, tapi saya bermain dengan komputer jenis ini sejak umur 6-7 tahun(1997-1998) dimana saat itu sedang booming System 8.0 – 9.x di Rusia. Dulu menurut pengamatan saya, Mac dan PC memiliki perbedaan jauh.

  • Waktu PC masih menggunakan keyboard sebagai Input Devices-nya, di Apple kita sudah bisa Click,drag n drop menggunakan Mouse.
  • Waktu PC masih menggunakan port Serial(RS-232) dan PS/2, yang tidak hot-plug. Apple sudah mengeluarkan Firewire dan USB yang sudah 100% hotplug.
  • Waktu PC masih menggunakan DOS sebagai Sistem Operasinya yang bagaikan dunia hitan :P . Apple sudah mengeluarkan System 7.x – 8.x yang sudah berbasis GUI.
  • Waktu PC masih berhubungan dengan PC lainnya dengan Coaxial Cable dan Ethernet. Apple sudah menggunakan teknologi Wireless(Called AirPort).
  • Saat PC masih menggunakan BIOS, Apple sudah menggunakan OpenFirmware dan bahkan lebih canggih lagi menggunakan EFI.
  • Saat PC masih menggunakan skema partisi MBR yang hanya bisa 4 primary partition, Apple sudah menggunakan GUID Partition Table yang support sampai 32 primary partition.

Oke, contoh seperti diatas bisa kita lihat bahwa produk Apple memang fenomenal, Soal harga? Mahal? Tidak juga, jika dengan teknologi yang bisa dibilang fenomenal plus Sistem Operasi asli, ya.. Asli(silahkan baca artikel dari Adham Somantrie). Tentu harga yang masuk akal jika dibandingkan dengan PC(3.5 – 4 juta Hardware saja, belum termasuk Sistem Operasi).

Ada percobaan dari seorang member di Mac.web.id, tepatnya di thread ini(dan di thread ini saya juga mendapat banyak pengetahuan yang baru tentang Mac).

Bahwa hanya dengan memasukkan Installer Windows XP/Vista dan menekan tombol C saat booting. XP bisa diinstall secara native di Mac. Iseng-iseng saya mencoba di MacBook Pro ayah saya, ternyata memang bisa dan masuk ke Installer XP walau pada akhirnya installer menolak karena menemukan jenis partisi yang berbeda dan harus dilakukan re-format.

Oke, Mengapa MacIntel sekarang dapat menjalankan secara native Windows XP dan Vista? Tentunya karena jenis prosesor Mac sekarang sudah mulai berbasis x86, yang notabene didukung penuh oleh Windows XP/Vista

Mengapa Mac Sebelum MacIntel tidak bisa menjalankan secara native Windows XP/Vista? Karena arsitektur prosesor Mac sebelum Intel masih berbasis PowerPC, yang tidak disuport oleh Windows, maka dari itu kenapa jika kita menggunakan emulator akan terasa sangat lambat karena emulator tersebut bekerja mentranslasikan arsitektur dari x86 ke PowerPC, proses translasi itu sangat membebani kerja prosesor.

Lalu, Apa sebenarnya fungsi BootCamp? Well, Aplikasi Boot Camp ini sebenarnya tidak jauh hanya aplikasi resize partisi dan aplikasi pembungkus driver buat Windows XP nanti setelah terinstall.

Lantas, Mengapa Apple tidak melepas Sistem Operasinya(Mac OS X) secara bebas? Yaah, kalau ini sih, sepertinya Steve tidak mau melepas Mac OS X karena dia selalu memegang prinsipnya yang kurang lebih seperti ini,

“Akan lebih nyaman tentunya menggunakan Mobil Ferarri dengan mesin Ferarri juga, saya tidak suka menggunakan Mobil sekelas Ferarri dengan mesin yang bukan Ferarri, sama halnya dengan komputer(Steve Jobs)”

Tapi walau begitu, karena transisi Apple ke Intel inilah Hackintosh mulai bermunculan, dengan cara kerja yang sangat sederhana, yaitu melakukan emulasi EFI pada komputer generik berbasis x86 biasa. Dan juga Steve sepertinya berpikiran bahwa mayoritas pengguna PC adalah kaum user yang berarti bahwa mereka hanya “tau pakai” dan tidak mau tau tentang kerumitan teknisnya, maka dari itu Apple memberikan kemudahan berupa Komputer+Software yang siap pakai.

Jadi kalau begitu, Apa bedanya MacIntel dengan PC untuk saat ini dari segi hardware Hampir sama :D, hanya tentu saja ada yang  berbeda, yaitu.

  • EFI, Mac sudah menggukanan EFI pada jajaran komputernya, berbeda dengan PC yang masih menggunakan teknologi BIOS, Ya, Teknologi yang bisa dibilang sudah sangat primitif :P . EFI ini sudah mendukung GUID Partition Table. EFI bisa mengenali Sistem Operasi yang terinstall dan menyesuaikan konfigurasi hardware secara otomatis agar sistemnya dapat berjalan dengan normal.
  • GUID Partition Table, Ya, pada zaman PowerPC, Mac menggunakan skema Apple Partition Map, sedangkan pada zaman Intel Based, Mac menggunakan GUID Partition Map, skema partisi yang bisa menangani hingga 32 Primary Partition. Skema partisi ini yang saya tahu pernah dipakai di komputer berbasis Itanium 2. Berbeda dengan PC yang masih menggunakan MBR yang hanya bisa menangani 4 Primary Partition.
  • H/W Identifier. Apa ini? Sebenarnya ini sejenis Indentifier dari Mac, saat kita memasukkan installer Mac OS X, Sistem akan langsung Hardware apa yang akan diinstall, dan Installer akan langsung menyesuaikannya secara otomatis. Tidak seperti PC yang mengharuskan kita menginstall driver-driver yang ada.
  • Ada lagi? Silahkan menambahkan, karena saya tidak punya MacIntel :D

Dibalik semua itu, tentu saja Apple memiliki inovasi yang memang masih bisa dibilang briliant. Multi Touch? Cover Flow? Quick Look? Maybe…

Tulisan ini hanya opini penulis semata, penulis tidak ada niat untuk menjatuhkan pihak manapun. Mohon maaf kalau ada kata yang kurang berkenan. Semoga bermanfaat.

Anggie Sukarno.

35 thoughts on “Seputar Intel-Based Mac”

  1. Whehehe, saya bingun mau nambahin apa, lha wong masih nubi :”> Eh ya anuu, soal kemampuan baca tulis :D Saya kan pake BootCamp, kalau di Mac saya bisa baca tulis di HDnya Wedhuz, tapi kalau di Wedhuz saya ndak bisa baca tulis partisinya Mac. Berarti kan kemampuan baca tulis Mac lebih jago! Whahahaha.. :-\”

  2. oo begitu to, ga pernah eksplor2 euy..pokoknya mah pake aja hahahaha… (love the mac).. *ups, ni pake windows, maklum desktop kantor :P

  3. @Goenrock: Ya, juga, makanya windows masih ga bisa baca partisi mac :P

    @Ridu: =_=’

    @Ojat: Yupz, i love Mac too, hihihi..

    @ridhoyp: Still expensive :(( so, i still love PowerPC based Mac :D

    @sluman: Nyantai aja lagi,, Mac saya juga jadul kok :P

    @Labyrinth: Wew… Yang ada malah gw yang harus bayar :P

    @Raffael: Ya.. mungkin aja butuh, buat install 64 Sistem Operasi di 1 mesin :D

  4. Keren dech coret – coret nya, lumayan buat juga nambah – nambah pengetahuan, kapan yach pemerintah subsidiin macbook, gw mau beli ahh… kenapa gak ada yang pada demo yach? BBM terus… :d

  5. kalo gitu masih canggihan pc donk, bisa dioprek kesana kemari…
    buktinya pake efi emulation atau boot-132 jalan penuh deh dvd original mac osx leopard 10.5.5 gw hehehe…

    semakin primitif keliatan nya oprekan nya lebih gampang…kayak motor aja…makin kuno, oprekannya makin gampang…

  6. ahh, jadi yang unggul mac cuma di pemakain buat desain aja dong skarang, partisi sampai 32 partisi gak perlu tuh, 4 dah cukup kali, bios etc,, biasa aja.

  7. Sistemnya bung jojo, Mac sistemnya lebih stabil dan tahan terhadap virus, dan investasi mesin yang anda beli juga beda, mac itu mahal di depan murah di belakang, kalo pc kan murah didepan, mahal di belakang.. Situ mau kerja dibantu komputer, atau situ kerja buat benerin komputer, hehe :D

    Pizz

  8. sorry all friend…gak ada windows, gak akan pandai berkomentar anda soal komputer saat ini…jgn liat skarang ini aja ya…pada dasarnya semua itu tergantung selera anda masing2..anda adalah sasaran utama JOBS & GATES. doi berdua temen baik sejak mahasiswa…ok..wassalam

  9. Strange this post is totaly irrelevant to the search query I entered in google but it was listed on the first page. – I don’t think anyone should write their autobiography until after they’re dead. – Samuel Goldwyn 1882 – 1974

  10. This content is so useful it is going straight to my facebook fanpage on the subject with a link back to your site. It’s a win-win situation for both. You get traffic and links and I get good content for my visitors.

  11. trus…masalahnya apa bung ??? kalo cuma masalah virus mah keciiillll….pembuat virus blum melihat mac sebagai sasaran utama, karena jumlah pemakai yg sangat sedikit dan tak menguntungkan….hahahaha….ini bisnis bung…

  12. I have to say that for the past couple of hours i have been hooked by the amazing posts on this site. Keep up the great work.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.