Bermain dengan FluidApp

Apa itu Fluid? Sebelum kita coba menjawab tentang Fluid, kita harus memahami dulu tentang skema WebApp, Ya, WebApp adalah sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui jaringan, baik itu jaringan lokal maupun jaringan internet, kita bisa ambil contoh, aplikasi web yang populer adalah Google Docs, Meebo, dan lain-lain. Saya tidak akan membahas lebih jauh secara teknis karena ini sudah dibahas sebelumnya oleh Adham Somantrie.

Kemudahan yang ditawarkan aplikasi berbasis web ini adalah simpel, tidak perlu installasi aplikasi lagi di komputer kita, dan kompatibel di semua platform. Hanya masalahnya, apakah bisa aplikasi web tersebut kita buat independen, berdiri sendiri layaknya sebuah aplikasi Desktop? Jawabannya, BISA :D

Dengan apa? Tentunya dengan aplikasi yang disebut Fluid tadi :D , lalu bagaimana caranya? Cukup simpel, ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

Pertama, buka situs resmi Fluid untuk mengunduh aplikasi-nya.

Setelah proses pengunduhan selesai, cukup extract berkas *.ZIP yang telah diunduh, sehingga menghasilkan file Fluid.app, file ini bisa disimpan di /Application , jalankan aplikasi tersebut, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

Pada kolom URL bisa diisi dengan URL WebApp yang akan kita gunakan, misalnya pada kasus ini saya menggunakan Facebook sebagai aplikasi WebApp yang akan dipakai, untuk kolom Name, bisa diisi dengan kata Facebook atau yang lainnya, untuk Location, ini akan menentukan dimana aplikasi kita akan disimpan, secara default, aplikasi ini disimpan di folder /Application. Untuk Icon, kita bisa menggunakan icon default dari WebApp yang akan kita ambil atau kita bisa menggunakan icon sendiri, icon ini akan terlihat di Dock saat dijalankan. Setelah semua diisi, klik Create.

Oke, setelah tampil pesan seperti diatas, ini menandakan aplikasi Facebook sudah berhasil di-desktop-kan, kita bisa klik tombol Launch Now untuk memulai aplikasi tersebut.

See? :D terlihat bahwa aplikasi Facebook berhasil di-desktop-kan :P fungsi Chat pada Facebook juga berjalan, Bahkan saya juga bisa mencobanya untuk aplikasi Plurk Mobile :D

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, aplikasi Fluid ini akan men-dekstop-kan aplikasi web, terbukti bahwa aplikasi ini berjalan secara independen, memiliki resource sendiri, terlihat di menu bar dan bahkan aplikasi tersebut tampil di Dock ketika aktif.

Sayangnya, aplikasi Fluid ini hanya dapat berjalan di sistem Mac OS X 10.5 :P

9 thoughts on “Bermain dengan FluidApp”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.