Chatboard CHA-10

Saat membereskan lemari di rumah saya, saya menemukan sebuah alat, namanya Chatboard. Ya, alat ini dulu merupakan aksesori dari ponsel pertama saya, Ericsson T20s. Saya membeli ponsel ini sekitar tahun 2000, ponselnya sudah saya jual sekitar tahun 2003, hanya saja saya tidak sempat menjual Chatboardnya karena dengan menjual Chatboardnya juga tidak akan menaikkan harga jualnya :D .

Chatboard ini sebenarnya adalah perangkat tambahan yang digunakan pada ponsel Ericsson untuk seri T. Bentuknya berupa keyboard QWERTY, dan ukurannya hampir menyamai ponsel itu sendiri, alat tersebut mempermudah kita dalam penulisan E-mail, SMS, ataupun browsing, alat ini bersifat Add-ons yang berarti dapat kita pasang ke ponsel ketika dibutuhkan dan mengambil power dari ponsel.

Pada Chatboard yang saya temukan ini, terdapat 7 hotkeys, WWW, Attachment, E-Mail, SMS, Phonebook, dan tombol Yes/No, serta keyboard QWERTY lengkap dengan tombol spacebar,shift, dan tombol panah kanan dan kiri.

Sayangnya kegunaan alat ini tidak begitu banyak, bahkan bagi saya sendiri fungsi E-mail tidak bisa dipakai dikarenakan ponsel saya saat itu juga tidak mendukung E-mail Client, sedangkan fungsi WWW juga tidak dipakai karena ponselnya masih menggunakan teknologi CSD yang notabene masih mahal tarifnya. Dan bahkan menurut informasi yang saya dengar,  proyek Chatboard ini gagal dan diberhentikan sekitar tahun 2002, karena saat itu mulai tren ponsel dengan keyboard terintegrasi.

Saya tidak tahu apakah chatboard ini masih berjalan atau tidak, karena saya tidak punya ponsel yang cocok dengan alat ini, tapi saya rasa masih berjalan karena dulu saya sendiri sangat jarang menggunakan alat ini.

So, barang klasik ini akan saya simpan, mungkin aja ada kolektor yang mau ? :D

15 thoughts on “Chatboard CHA-10”

  1. Hey esto es un gran poste. ¿Puedo utilizar una porción en ella en mi sitio? Por supuesto ligaría a su sitio así que la gente podría leer el artículo completo si ella quiso a. Agradece cualquier manera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.