Jasa mereka tak akan pernah kulupakan

Well, orang yang minat dengan IT ataupun tidak, kita bisa mengetahuinya, betapa pesatnya perkembangan dunia komputer. Kalau dulu mungkin kita bisa bangga dengan disket 1.4MB dan Harddisk 1GB, sekarang teknologi itu sudah ditinggalkan. Dengan harga yang kian murah, USB Drive telah sukses menggantikan Floppy Disk, buktinya, jika sekarang kalian membeli komputer(entah rakitan atau branded) pasti Floppy disk sudah tidak disertakan lagi. Itulah kenyataan dalam dunia komputer, teknologi akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Gw sendiri mengenal komputer dari tahun 1994(gw masih 3tahun, waktu itu masih bagi-pakai dengan ayah). Dibawah ini akan gw ceritain satu-satu komputer gw dari yang paling lawas sampai yang gw pake sekarang.

First PC

komputer pertama gw, yang waktu masih dipake berdua ma ayah gw, mainboard aslinya 386DX cuma karena waktu gw sampai nangis minta dipasang game, akhirnya ayah gw terpaksa upgrade mainboardnya dengan Intel Pentium I 100MHz dengan RAM 32MB, pada waktu itu, yang gw suka, ayah gw beliin CDROM 2x buat main game, dari PC inilah gw belajar install game Leny’s The Music Toon, Putt-Putt(gw lupa lagi ada 6 CD, beli waktu pulang dari Moscow), well, disinilah gw paksain install semua game di harddisk yang cuma 2GB di Windows 3.11 dan gw pake komputer ini dari tahun 1994 – 2001(Dijaman udah keluar Pentium 3, gw masih pake ini), Oh,ya dikomputer inilah gw berhasil paksain install Windows 95. Dan belajar format harddisk, Tentunya data ayah gw raib semua.. Gw dimarahin habis-habisan. Gak boleh pake komputer selama satu bulan :( Sedihnya…
The Extreme AMD Duron:

Disaat ini gw udah mulai lebih gila tentang komputer :) gw beli ini tahun 2001, dengan spesifikasi AMD Duron 1000+ 850MHz dengan RAM 128MB. Dan cuma bertahan 1 tahun, disini gw mulai belajar tentang programming FoxPro, Delphi, dan mulai belajar jaringan. Sayangnya, gw mulai belajar overclock di komputer ini dan berhasil buat performa komputer ini naik jadi 1.2GHz, walau hanya sebentar hingga akhirnya terbakar dan mati :( .

Best Value Intel Celeron:

Kejadian dengan AMD Duron kemarin lumayan meninggalkan trauma dan tidak pernah mencoba untuk beroverclock lagi :) Akhirnya karena waktu itu karena dana yang terbatas, tahun 2002 ayah gw beli Intel Celeron 1.6GHz dengan RAM 256 HD 40 GB, tentunya saat ini saya masih share komputer dengan ayah gw, komputer ini sampai sekarang masih ada, dan sekarang dipakai sama ibu gw, dengan komputer inilah gw mulai terkoneksi ke Internet, disini gw udah mulai belajar tentang programming web, kayak PHP, MySQL, ASP. Komputer ini sering banget gw siksa sampai 2 minggu ga dimatiin.. Dialah yang paling berjasa memberikan gw ilmu.

Compaq Deskpro EN:

Dibeli pada pertengahan 2006(saat gw masuk SMK), second dengan spesifikasi Intel Pentium III 1GHz(lastgen) 1GB RAM HD 40GB, CD-RW, lebih mundur dari sebelumnya kan? Tapi gw bangga dengan PC yang satu ini, karena PC inilah PC yang 100% pure milik gw, tanpa data ayah gw, tanpa takut kehilangan data ayah gw, and gw bebas menaruh apa aja, n menginstall apa aja di PC ini. Memang sih masih Pentium III, tapi karena Built-up PC. Tenaga dan performanya jauh lebih baik dari sebelumnya dan terkesan bandel. Di PC ini gw belajar banyak tentang struktur jaringan komputer, dan tentunya di PC ini juga gw udah mulai menghasilkan uang lewat beberapa hasil web yang gw buat :) .

Welcome Back AMD.

Sekian lama berkutat dengan Intel Pentium III-ku yang tersayang, setelah uang yang saya kumpulkan saya rasa cukup, akhirnya gw berniat untuk membeli 1 PC. Compaq kuwariskan ke ayah gw, dan gw beli PC Rakitan dengan processor AMD. Wow.. Setelah sekian lama gw tidak pernah memegang PC dengan processor AMD, kini gw berhasil beli PC dengan Spesifikasi AMD Sempron 3200+, 1GB RAM, 80GB HD, tentunya, hasrat untuk overclock kembali tinggi, di PC ini gw berhasil memaksa sistem dari 1.8GHz ke 2.2GHz dan gilanya.. Tanpa pendingin ekstra… Wow… Crazy.. Memang.. :) Terus terang di PC ini gw jadi kurang produktif, gw malah lebih sering main game.. Hehehe…

Apple iBook G4:

Berbalik kenyataan di tahun 2007 gw beli notebook second Apple iBook G4 di Moscow, Russia waktu ketemu sodara. Tadinya sih ga gitu minat dengan komputer ini, saat itu gw masih ga gitu respect sama komputer Apple, tapi sodara gw waktu itu sengaja belikan ini buat gw, dia sempat bilang kalau gw harus mencoba dan bisa menguasai seluruh sistem yang tentunya selain Windows. Yupz. Akhirnya gw pulang ke tanah air dengan membawa iBook G4 12″ 1.33GHz RAM 256MB(yang akhirnya gw upgrade RAM jadi 1GB dan HD dari 60GB ke 80GB). Yah.. Memang untuk stabilitas gw salut banget sama si Mac OS X ini. Akhirnya gw jatuh cinta dengan iBook dan merasa lebih produktif dengan iBook ini.

Last Acer Aspire 4310:

Yang ini umurnya baru 1 bulan. Yah. Setelah tabungan kembali terkumpul karena terkuras abis saat beli iBook akhirnya gw dapat rejeki buat beli laptop gress Acer Aspire 4310, dengan spesifikasi Intel Celeron 1.73GHz dan RAM 1GB. Yupz, dan kisah dengan komputer inipun belum banyak :) .

Hingga akhirnya gw sekarang memiliki 2 laptop yang berbeda alam, PPC dengan Mac OS X-nya dan x86 dengan Windows XP-nya. Praktis, saat ini gw ga punya PC desktop lagi. Tapi gw bersyukur dengan memiliki ini, gw jadi lebih bisa explore bahkan dimanapun gw berada. Secara pribadi gw sendiri puas dan tidak mengalami masalah dengan kedua laptop ini, keduanya saling menutupi kekurangan, ada kalanya gw ingin programming PHP, Java, terkadang gw pake Windows di Acer. Kalau gw ingin browsing, atau have fun lainnya. Ini urusan iBook. Dan jujur, gw ga install game apapun di kedua laptop ini karena gw ga suka main game. :)

20 thoughts on “Jasa mereka tak akan pernah kulupakan”

  1. Dulu juga begitu, sangat mengidolakan pc, namun ntah kenapa, semenjak ada interferensi dari “perempuan” saya jadi membatasi untuk seperti ini lagi, karena sang perempuan suka cemburu kalau saya di depan pc…

    huff

  2. @sluman: Makan laptopnya :p
    @cewekndeso: Ah.. Belajar tuh ga kenal umur
    @Raffaell: Whohoho…. Ternyata perempuan juga punya rasa cemburu terhadap komputer juga ya :D

  3. kayaknya spesifikasinya masih dibawah dech (ini menurut saya loh)
    Sebaiknya semua komputer kamu dijual aja dan dibeliin MacBook Pro yang udah Core 2 Duo. Pasti lebih mantab tuch

  4. @jauhari: Memang, Pengennya sih MBP cuma harganya itu tuh :D
    @Hair: Memang spesifikasinya masih dibawah. Dua-duanya dijual juga mesti nambah lagi duwith-nya buat beli MBP :D

  5. @bank: Hihihi.. Heyy. Gw cowok :P
    @cewektulen: Apa yang mau dimakan? hehehe…
    @ridu: Sumpah, gw belajar otodidak,, alias sendirian.. Jadi gurunya siapa ? hehe…

  6. Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful for me.

  7. Thanks for taking this opportunity to discuss  this, I feel strongly  about it and I take pleasure in learning about this topic.  If possible, as you gain information, please add to  this blog with new information.  I have found it extremely useful.

  8. I hate to sound like a nitpick, but your grammar is just…deplorable.  I want to be interested in this, I really do.  But it seems you spent so much time on the design (which, I will say, is amazing) that you forgot that people actually have to read your blog.  Clean this up…PLEASE.  It could be so much bigger if you just did some work.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.