#LearnRussian 1: Belajar Bahasa Rusia – Latar Belakang dan Pendahuluan

Bahasa Rusia adalah bahasa resmi di Rusia, Belarus, Kazakhstan, dan Kirgistan. Bahasa ini juga dipakai di beberapa negara Eropa Timur, negara-negara Baltik dan Asia tengah. Bahasa Rusia ini adalah bahasa dengan penutur terbanyak di Eropa, dengan 144 juta penutur di Rusia, Ukraina,dan Belarus. Bahasa Rusia juga merupakan bahasa resmi dari PBB.

Di Indonesia, bahasa ini dipelajari di jurusan Sastra Rusia Universitas Padjadjaran dan Universitas Indonesia, juga di Pusat Kebudayaan Rusia yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. Buku pelajaran Bahasa Rusia terakhir yang saya tahu masih belum cukup banyak, inilah yang memotivasi saya untuk menulis beberapa artikel tentang belajar bahasa Rusia, baik gramatika, pengucapan dan kosa kata, awalnya saya berniat untuk membuat buku tersendiri, tapi kalau bisa saya tulis di blog dan pembaca bisa mendapatkannya secara free, kenapa tidak?

Tujuan saya adalah membantu pembaca untuk mempelajari bahasa Rusia dengan mudah, di beberapa artikel juga mungkin saya akan sedikit menyisipkan tulisan tentang sejarah dan kultur Rusia.

Seperti pepatah “tak ada gading yang tak retak”, beberapa tulisan saya masih jauh dari sempurna, maka dari itu, saya menerima kritik dan masukan dari para pembaca.

Selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *