Hukum dan Regulasi Seks di Belanda

Setelah sekian lama tinggal di Belanda, dan pekerjaan yang menuntut saya untuk main ke De Wallen riset tentang psikologi seksual, saya akan menjelaskan seperti apa uniknya hukum tentang seks di Belanda, tentunya selain prostitusi yang legal dan mata pelajaran edukasi seks yang diwajibkan, ada beberapa aturan yang cukup menarik, yaitu:

  1. Seks dan orang cacat. Belanda tidak hanya melegalkan prostitusi, tetapi pemerintah Belanda juga memberikan subsidi prostitusi untuk beberapa elemen masyarakat, salah satunya adalah mereka yang memiliki cacat fisik. Jadi, mereka dapat bantuan baik subsidi maupun bantuan lainnya untuk menyewa pekerja seksual. Kenapa? Karena menurut mereka, Seks berhak dinikmati oleh siapapun.
  2. Usia minimal. Usia minimal untuk sepasang manusia yang ditetapkan pemerintah untuk berhubungan seks adalah 16 tahun untuk seks yang bukan tujuan komersial, sedangkan untuk tujuan komersial minimal 18 tahun. Tapi pada kenyataannya mereka sudah melakukan itu sejak usia 12-15 tahun.
  3. Hak kaum LGB. Hubungan sesama jenis di Belanda sudah legal sejak tahun 1811, kaum dengan orientasi seksual minoritas sudah dilindungi hak pekerjanya dari ancaman diskriminasi sejak tahun 1993, pernikahan sesama jenis dan adopsi anak untuk orang tua sesama jenis  sudah dilegalkan sejak 2001. Belanda adalah salah satu negara pertama di dunia yang melegalkan pernikahan sesama jenis.
  4. Hak kaum transgender. Pemerintah Belanda melegalkan aktivitas transgender untuk mereka yang berusia 16 tahun ke atas dan di tahun 2013 mereka memberlakukan hukum baru. Sebelumnya, untuk dapat mengubah jenis kelamin dalam dokumen resmi seperti KTP, akta kelahiran, dll diperlukan beberapa dokumen dari rumah sakit, alasan untuk melakukan transgender, dan tentunya harus melewati persidangan. Dengan diberlakukannya hukum baru, yang diperlukan hanya surat keterangan dari rumah sakit saja.
  5. Telanjang di area publik. Berbugil ria di Belanda tidak melanggar hukum (lain halnya saat saya di Rusia, telanjang di area publik merupakan pelanggaran berat dengan denda yang cukup tinggi). Tapi tentunya tidak di jalanan umum dan dalam kategori mengganggu orang lain. Sebagai contoh, kalau anda telanjang di pinggir jalan dan mengganggu pengemudi, ataupun untuk mengganggu orang lain, ya ditangkap polisi juga 😀
  6. Bercinta di taman. Di tahun 2008, aktivitas seksual di Vondelpark, Amsterdam mulai di de-kriminalisasi. Tapi tentu ada aturannya, aktivitas seksual hanya boleh dilakukan pada malam hari, dan jangan sampai meninggalkan sampah dan berisik apalagi sampai pecicilan.

Sebenarnya masih banyak aturan lainnya, hanya saja sisanya mungkin cukup biasa bagi “standar barat”. Bagaimana menurut anda?

Sumber gambar : 123RF.com/Yaroslav Melnik

6 thoughts on “Hukum dan Regulasi Seks di Belanda”

  1. Using Google Chrome Google Chrome 34.0.1847.76 on Android Android 4.4.4

    Vondelpark hanya di malam hari? Disiang hari sya sering liat cewe telanjang buat sunbathing kok. Dan taman itu tetep aja banyak sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *