Fujifilm Instax Mini 8 – Instant Camera

Disclaimer: Postingan ini sudah 1 tahun stay di draft 😀

source:http://www.fujifilm.com/products/instant_photo/cameras/instax_mini_8

Kali ini saya mendapatkan pinjaman dari Fris sebuah kamera instan untuk saya review, kamera ini bernama Fujifilm Instax Mini 8

Sebenarnya saya cukup malas bermain dengan benda ini, selain kurang tertarik buat saya ini terkesan jadul dan bentuknya agak aneh 😀 Tapi saya akan coba tetap review.

Fujifilm Instax Mini 8 ini adalah kamera basic, dimana kita bisa mengambil gambar, dan hasilnya akan tercetak otomatis dalam kertas kecilnya setelah menunggu beberapa menit, ya, seperti Polaroid.

Lalu untuk apa kamera ini dibuat saat jaman sudah modern, dimana kita hidup di dunia Instagram, dll? Ya, kamera ini sudah masuk ke kamera hobi, dimana kita bisa mengambil gambar dengan sifat retro.

Kamera ini tersedia dalam lima warna (putih, biru, pink, kuning, dan hitam) kamera ini sendiri bentuknya seperti mainan dengan bahan plastik, yang menurut saya semakin memperjelas kesan “mainannya”. Berat kamera ini sangat ringan, hanya 300 gram, hanya saja bentuknya yang “tambun” membuat kamera ini tidak akan bisa masuk ke saku celana anda, tapi sangat cukup untuk masuk ke tas perempuan.

Tombol-tombol dan fiturnya sendiri sebenarnya sangat terbatas, ada satu tombol untuk mengeluarkan lensa jeleknya sekaligus untuk mengaktifkan kamera tersebut, satu tombol shutter, di sekitaran lensa terdapat adjustment dial untuk mengatur exposure level, dan juga terdapat flash yang tidak dapat dimatikan.

Di bagian belakang terdapat viewfinder, kompartemen foto dan tempat baterai, untuk mengoperasikan flash dan motor penggerak kertas fotonya diperlukan 2 baterai jenis AA.

Bagaimana cara menggunakan kamera ini, sebenarnya sangat mudah, sebelum ambil foto, terlebih dahulu atur exposure level, ingat, pada kamera ini tidak ada autofocusrecycle time untuk lampu flash berkisar antara 1-5 detik, dan shutter speed 1/60 detik.

Walau terlihat mudah, saya mengalami banyak kegagalan dalam mengambil foto menggunakan kamera ini.

Lalu bagaimana dengan kertasnya? Kamera ini hanya bisa menggunakan cartridge kertas berisikan 10 kertas dengan ukuran 62 x 46 mm, sekitar ukuran kartu kredit, tentunya gambar yang dihasilkan cukup kecil, untuk saya malah terlalu kecil.

Dan harga kertasnya sendiri berkisar 500 RUB(Rp. 115.000) untuk 10 lembar, cukup mahal untuk saya yang kurang menyukai foto analog.

Tapi setelah saya coba berkali-kali, hasil foto ini cukup retro dan unik, cocok untuk hiasan di dinding kamar ataupun untuk foto di dompet, sayangnya untuk saya ini terlalu mahal dan boros :p

Harga kamera ini sendiri tidak terlalu mahal, di Rusia di banderol dengan harga 5000 RUB(sekitar 1 juta). Berminat? 🙂

 

Disclaimer : Objects on the photos is for modelling purpose only, not my girlfriend

2 thoughts on “Fujifilm Instax Mini 8 – Instant Camera”

  1. Using Google Chrome Google Chrome 55.0.2883.95 on Mac OS X Mac OS X 10.12.2

    Aku ada nih Instax Mini 8 masih baru. Kalau minat beli kabarin ya. #eh #malahjualan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *