Cerita Tentang Bendera Turki

Bagi anda yang pernah berkunjung ke Turki, pasti akan kaget melihat bendera Turki yang berkibar dimana-mana, mulai dari universitas, jalanan, sampai mobil pribadi terdapat bendera Turki, bahkan di beberapa tempat bendera ini berdampingan dengan foto Mustafa Kemal Atatürk.

Bendera Turki di Universitas Istanbul

 

 

Dan karena terlalu sering melihat bendera berwarna merah ini, saya sempat mengira dedaunan ini adalah sekumpulan bendera Turki juga 😀

Anyway, awalnya saya tidak pernah ada niat untuk bertanya kepada orang setempat mengenai hal ini, karena pasti jawabannya adalah mereka bangga dengan negaranya. Hingga kemarin saya tergoda juga untuk bertanya ke salah satu orang lokal, dan berikut jawabannya:

Orang Turki sangat bangga dengan sejarah Turki, meskipun orang Turki beberapa diantaranya benci dengan Erdogan, politik Turki, tapi tidak menyurutkan rasa bangga orang Turki terhadap bendera Turki dan tentunya sejarah Turki itu sendiri.. Bla bla bla….

Meh.. Akibat saya bertanya, dia malah cerita panjang lebar layaknya tukang karpet di Istanbul yang sedang berusaha menipu orang asing agar membeli karpetnya.

Saat saya hendak memotong pembicaraanya, dia menjelaskan bahwa bendera ini memiliki legenda, konon katanya, dalam suatu pertempuran, yang menewaskan ratusan orang Turki hingga darah tergenang di medan perang, seorang pemimpin perang melihat pantulan bulan dan bintang dalam genangan darah.

Meskipun menurut sejarah bendera Turki itu desainnya diambil dari kerajaan Ottoman di akhir abad ke 18 sampai awal abad ke 19, legenda tersebut sampai sekarang masih turun temurun dilestarikan.

Bahkan ada momen unik di pertemuan G20 di St. Petersburg, Russia, dimana saat sesi foto presiden Erdogan mengambil bendera Turki yang menempel di tanah, yang sebenarnya bendera tersebut adalah tanda dimana pemimpin negara tersebut harus berdiri, dan kisah ini selalu diceritakan oleh teman-teman Turki saya.

Cerita orang lokal ini membuat saya paham bahwa orang Turki memiliki sifat nasionalis yang cukup tinggi, meskipun beberapa dari mereka tidak bangga dengan pemerintahan yang ada, tapi mereka selalu bangga dengan kultur dan sejarah bangsa mereka sendiri, itulah yang membuat mereka selalu bersatu dimanapun mereka berada.

Dan hal ini membuat saya iri..

One thought on “Cerita Tentang Bendera Turki”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.