Klasifikasi Gender dalam Bahasa Perancis

Tidak seperti Bahasa Rusia, klasifikasi gender dalam Bahasa Perancis cukup sulit. Mengapa? Karena tidak seperti Bahasa Rusia yang mengandalkan “окончание”(akhiran kata — biasanya 2-3 karakter dibelakang kata) dan hanya memiliki sedikit pengecualian dalam hal klasifikasi gender. Sebenarnya, untuk mengklasifikasi gender dalam Bahasa Perancis, kita juga bisa melihat dari si akhiran katanya TAPI terlalu banyak pengecualian, so, mau ga mau kita diharuskan untuk menghafal gender-nya. Oke, daripada pusing buka kamus yang tulisannya cukup kecil, saya akan berikan beberapa akhiran kata yang saya hafal saja ya.

MASCULINE

  • -age(plage, rage, nage)
  • -an(médian)
  • -c
  • -d
  • -eme
  • -g
  • -i
  • -in
  • -is(brebis,fois,souris)
  • -iste(modiste, liste, piste)
  • -k
  • -l
  • -lon
  • -m
  • -non
  • -o(météo, dactylo, dynamo)
  • -om
  • -r(profondeur, odeur, largeur, valeur, fleur, couleur, soeur)
  • -ron
  • -t(forêt, nuit, dent, part, plupart)
  • -taire
  • -tre(fenêtre, huître, vitre, rencontre)
  • -u
  • -us

FEMININ

  • -ade(grade,stade)
  • -aison
  • -ce(silence, prince, commerce, pouce)
  • -ee(lycée, périgée, trophée)
  • -ie(incendie, cryptographie, périhélie)
  • -iere(arrière, derrière, cimetière)
  • -ine(domaine, capitaine, ciné, pipeline, moine, patrimoine, magazine)
  • -ion(million, billion, camion, dominion, lampion)
  • -ite(trilobite, anthracite, plébiscite, gîte)
  • -ile(intervalle, vermicelle, scelle, braille, mille)
  • -se(suspense, sconse, opposé, exposé)
  • -tte(ini ada pengecualiannya, tapi lupa 😛 )
  • -ure(dinosaure, centaure, kilowattheure)

Note: Yang di dalam kurung adalah pengecualian.

Nah, cukup banyak kan pengecualiannya, terutama pada kata bergender feminin, ya, inilah yang harus dihafal :syaiton: Terus buat apa kita menghafal gender ini? Gender ini akan dipakai pada beberapa deklinasi dalam Bahasa Perancis tentunya..

…..

Berhubung sudah jam 3:30AM dan saya masih belum ngantuk 😐 , maka saya coba untuk menjelaskan struktur kalimat dalam Bahasa Perancis, struktur dasar kalimatnya sih sama dengan Bahasa Inggris, tiap kalimat biasanya terdiri dari.

  • Subjek(Subject/Sujet) — S
  • Kata Kerja(Verb/Verbe) — V
  • Objek(An Object/Objet) — O
  • Keterangan/Adverbia(Adverb/Complément Circonstanciel) — CC

Oke, kita coba buat kalimat sederhana

ID: Saya(Subjek) belajar(Kata Kerja) bahasa perancis(Objek) di kampus(Keterangan)

EN: I (Subject) studied (Verb) French (Object) at college (Adv)

FR: J’ai étudié le français  à l’université >> J'(Sujet)ai étudié(Verbe) le français(Objet)  à l’université(Complément Circonstanciel)

Itu untuk kalimat sederhananya, sebenarnya masih banyak grammar yang harus dipelajari, seperti..

  • Articles — (Artikel)
  • Compléments Circonstanciels (CC) — (Adverbia)
  • Complément d’Objet Direct (COD) — (Hubungan objek langsung)
  • Complément d’Objet Indirect (COI) — (Objek tidak langsung)
  • Conjonctions — (Konjugasi)
  • Déterminants — (Determinan)
  • Groupe Nominal Sujet (GNS) — (Nominal)
  • Groupe Verbal (GV) — (Verbal)
  • Prépositions — (Preposisi)

Untuk yang ini saya akan bahas pada tulisan yang akan datang 😀

23 thoughts on “Klasifikasi Gender dalam Bahasa Perancis”

  1. Bonjour!

    hadeeh pusing juga ya belajar bahasa perancis, belajar bahasa sunda aja deh.. :D

    btw itu ada COD segala, bisa rekber gak gan? :P

  2. hedeeeehhhh!! gini koq tadi malem bilangnya mau tidur duluan!! cih! cih! btw, inggris aja masih gagu, jadi males lah kalo belajar bahasa perancis segala.. hiks! :((

  3. *mikir* bukannya dikau ngambil sastra rusia? … 😆

    haduh … resep pisan maneh ngulik bahasa lieur :p … jadi lupa ngulik komputer jangan-jangan ngi? :D

  4. @Nadiafriza Iya, bisa 🙂 Lho? Baru denger ada orang yang cukup tertarik dengan bahasa Rusia,haha.. Padahal dilihat dari karakternya aja banyak orang ga tertarik untuk belajar bahasa itu lho 😉 Tapi kalau tertarik, boleh kok belajar,hehe 😀

  5. Haaaaa lo bisa bahasa Perancis?? Iriiii mau juga. Otodidak atau ikut les? Kalo belajar bahasa Perancis otodidak hanya dari buku susah ngga ya? Gw pengen bisa bahasa Tagalog deh atau Italy (in case ketemu Totti di mana gitu, gw bisa berbasa-basi sedikit hehehehehehe)

  6. For Admin: mw tanya, bgaimana cara membedakan penggunaan nomina maskula dan femina dalam bahasa Perancis ? apakah ada categori nya ? Merci….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.