Bermain Dengan Mesin Pencari Google

Bagi para sebagian besar pengguna Internet pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google, dulu Google ini adalah sebuah search engine, sekarang layanan yang diberikan Google tidak hanya search engine, ada GMail, YouTube, Google Buzz, Picasa, dan lain-lain.

Oke, kembali ke Google Search Engine, seperti yang kita tahu, fungsi Google Search Engine ini adalah untuk mencari apapun yang ada di Internet, lalu bagaimana cara menggunakannya? Cukup tinggal ketik saja di kolomnya apa yang kita butuhkan, beres kan?

Belum cukup beres, ternyata masih ada susunan kata dan sintaks yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, lalu bagaimana caranya? Mari kita bahas satu-satu

Bermain dengan susunan kata

Penyusunan kata dalam mencari informasi juga sangat penting, setiap susunan memiliki hasil yang berbeda-beda, contohnya jika anda mencari menggunakan kata yang berulang, maka hasil yang akan anda peroleh akan sama saja ketika kata tersebut hanya dituliskan tidak berulang. Lain halnya jika penulisannya menggunakan ekspresi tambahan,  masalahnya, ekspresi tambahan itu apa? Mari kita coba bahas satu-satu

  • Spasi(space) oleh Google akan diartikan sebagai “dan”(and), so, jika anda ingin mencari artikel atau dokumen yang mengandung kata Notebook dan Acer, anda cukup menuliskan “Notebook Acer”.
  • OR(atau) oleh Google akan diartikan sesuai dengan namanya “atau”, jika anda ingin mencari artikel atau dokumen yang mengandung salah satu kata “BlueRay” atau “DVD”, tulislah “Blueray or DVD”
  • “-“(minus) akan diartikan menjadi tidak termasuk, contohnya jika anda ingin mencari artikel tentang “iMac” tanpa ingin memasukan kata “Mac” didalamnya, maka tulislah “iMac -mac”
  • Jika anda ingin melakukan pencarian terhadap satu kalimat utuh, silahkan gunakan tanda petik(“). Contohnya silahkan ketik “Anggie Sukarno” jika ingin mencari tentang Anggie Sukarno, atau “Tifatul Sembiring” jika ingin mencari tentang siapa itu Tifatul Sembiring.
  • Dan satu lagi, beberapa kata tidak akan dianggap oleh Google, kata apakah itu? Contohnya adalah “You”, “I”, “and”, “a”, “of”, dan sebagainya, jika anda ingin artikel tersebut tetap dihitung, gunakanlah tanda “+”(plus)

Berikut adalah susunan kata yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih akurat, ada lagi? Ya, Sintak, kita dapat menggunakan sintak untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, mari kita coba bahas beberapa diantaranya

  • ‘intitle:’ digunakan untuk membatasi pencarian hanya pada judul atau nama web saja
  • ‘inurl:’ digunakan untuk membatasi pencarian pada alamat web saja
  • ‘intext:’ digunakan untuk mencari pencarian hanya pada dokumen teks saja
  • ‘site:’ bagian ini yang sering saya gunakan, ini digunakan untuk membatasi pencarian hanya pada satu situs tertentu saja.
  • ‘link:’ bagian ini juga sering saya gunakan, ini digunakan untuk pencarian halaman web yang memiliki link yang akan dicari.
  • ‘related:’ digunakan untuk mencari data yang saling berhubungan
  • ‘filetype:’ digunakan untuk membatasi tipe file yang akan dicari

Beberapa sintaks ini juga dapat digabungkan dalam satu pencarian, misalnya kita dapat gunakan sintak “filetype:mp3 site:anggiemaya.net D’bagindaz” untuk mencari lagu tersembunyi dalam site anggiemaya.net :syaiton:

Oke, cukup sekian dulu informasi yang tidak berguna bagi yang sudah tahu dan cukup berguna bagi yang belum tahu, Terima kasih :p

20 thoughts on “Bermain Dengan Mesin Pencari Google”

  1. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.13 on Windows Windows 7

    akhirnya posting lagi… btw kirim ke email yaa lagu-lagu d’bagindaz full satu album.. sama band2 gaul lainnya kaya kangen band, wali, st12 yaa

  2. Using Google Chrome Google Chrome 4.0.211.2 on Windows Windows XP

    yang males nya nih gan, pencariannya tidak akurat, jadi harus pakai mesin tetangga. Kadang hasil nya ngawur. Mbah google kadang pikun nya kambuh

  3. Using Google Chrome Google Chrome 4.0.211.2 on Windows Windows XP

    kadang dia error loh, but sejauh ini code untuk ” / site: juga banyak di pakai

  4. Using Google Chrome Google Chrome 9.0.597.107 on Windows Windows 7

    kalo masalah tanda petik kayaknya udah umum ya.. tapi tanda plus minus..? wuih.. bisa2nya tau yang beginian deh. canggih!

  5. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.5.3 on Windows Windows XP

    I have read some excellent stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting. I wonder how much attempt you put to make such a fantastic informative site.

  6. Using Internet Explorer Internet Explorer 7.0 on Windows Windows XP

    I am so happy to read this. This is the type of manual that needs to be given and not the accidental misinformation that’s at the other blogs. Appreciate your sharing this best doc.

  7. Using Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

    Hello, Neat write-up. There is a challenge with all your site around traveler, would certainly analyze this specific? For example is still the industry chief along with a great aspect of people is going to pass up your great creating for this reason dilemma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *