Apa itu User Agent?

Ada seseorang yang bertanya pada saya via IM, dia berpendapat kalau saya menggunakan sebuah script khusus untuk menerobos sebuah sistem agar dapat diketahui jenis Sistem Operasi dan Browsernya, sebenarnya itu salah, maka dari itu saya coba bahas di blog ini, semoga bermanfaat.

Oke, User Agent adalah script yang dikirimkan oleh web browser ke web server yang kita tuju, atau ke setiap situs yang kita kunjungi, jadi setiap situs yang kita kunjungi dapat mengetahui Browser dan sistem operasi yang kita gunakan sehingga konten dapat disesuaikan dengan jenis sistem operasi kita. Mungkin ada beberapa pertanyaan tentang User Agent tersebut.

Bisakah kita mengganti User Agent kita sendiri? Tentu bisa, dengan bantuan Add-On tambahan dari Mozilla Firefox, kita bisa menggunakan Add on User Agent Switcher. Dengan Add on ini kita bisa mengganti user agent default kita menjadi yang kita inginkan.

Informasi apa saja yang dikirimkan User Agent? Biasanya Informasi ini berupa arsitektur prosesor komputer kita, Sistem Operasi yang kita gunakan(dan kadang nama distro jika kita menggunakan Linux), engine browser, engine browser version, dan nama browser.

Apa User Agent dapat membuat sistem kita diketahui dan dapat diakses orang lain tanpa izin? Tidak, karena user agent hanyalah bersifat one way information dan user agent juga dapat dirubah dengan cara mengikuti jawaban dari pertanyaan diatas. User Agent hanya mengirim sedikit informasi mengenai mesin yang kita gunakan, dan tidak mengirimkan informasi keamanan lain.

Apa isi dari script User Agent tersebut? Oke, sebagai contoh ini copy dari User Agent saya(user agent kita sendiri bisa diambil dari situs ini.) Kali ini saya menggunakan browser Mozilla Firefox 2.0.0.14 di Mac OS X 10.4.10

Mozilla/5.0 (Macintosh; U; PPC Mac OS X; en-US; rv:1.8.1.14) Gecko/20080201 Firefox/2.0.0.14

Penjelasan dari script berikut adalah

Mozilla/5.0 Identifikasi dasar engine blog(Firefox masih merupakan keturunan Mozilla)

Macintosh; U; PPC Mac OS X Identifikasi mesin dan arsitektur komputer(saya pakai Mac OS X dengan mesin Macintosh berbasis PowerPC)

en-US; rv:1.8.1.1.14 Bahasa/Regional yang digunakan beserta revisi dari browser engine.

Gecko/20080201 Layout Browser Engine yang digunakan(see Gecko at Wikipedia)

Firefox /2.0.0.14 Versi dari Firefox-nya sendiri.

Mengapa saya terdeteksi menggunakan “Linux” padahal saya menggunakan “Ubuntu”? Nah, untuk yang ini, sebenarnya sudah dibahas oleh pembuat Browser Detector Plugin yang saya pakai, namun akan saya bahas kembali. Jika kita install browser yang bukan bawaan dari distro yang kita pakai, atau dengan kata lain di-install secara binary maka browser tersebut tidak akan mengenal distro yang kita pakai, sehingga user agent hanya akan menampilkan nama “Linux” saja(biasanya dengan nama resmi “Linux i686”)

Untuk seseorang yang bersangkutan 😀 , Ini sudah saya jelaskan, mohon maaf kalau masih ada yang kurang detail. Mungkin ilmu saya yang masih ecek-ecek 🙂

61 thoughts on “Apa itu User Agent?”

  1. Using Netscape Navigator Netscape Navigator 4.7 on Windows Windows 2000

    I believe that’s one of many much information for me personally. Exactly what glad understanding your own write-up. Even so would like to record about quite a few typical elements, The site preference is perfect, this articles or blog posts is actually terrific : Deb. Exceptional practice, all the best

  2. Using Google Chrome Google Chrome 28.0.1500.71 on Mac OS X Mac OS X 10.7.5

    It’s in fact very complicated in this full of activity life
    to listen news on TV, so I just use the web for that purpose,
    and obtain the most recent information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *