Seputar Aplikasi PowerPC di Intel-Based Mac

Seseorang bertanya tentang cara kerja aplikasi PowerPC yang berjalan di Komputer Mac bebasis Intel, saya akan mencoba untuk membahas ini, semoga bermanfaat..

Seperti yang kita ketahui, Apple telah menggunakan prosesor Intel untuk jajarang komputernya baik Mac Mini, iMac, MacPro, MacBook, MacBook Pro, dan MacBook Air. Tentunya arsitektur dan instruksi prosesor ini berbeda dengan arsitektur prosesor sebelumnya, PowerPC. Lalu bagaimana dengan aplikasinya? Hampir setiap aplikasi Mac keluaran terbaru atau update terbaru pasti memiliki logo Universal Binary, yang berarti aplikasi tersebut dapat berjalan di arsitektur Intel maupun PowerPC, ya tentunya aplikasi tersebut memiliki dua kode arsitektur yang berbeda walau fungsi dan tujuannya masih sama.

Lalu bagaimana dengan aplikasi lama yang belum mendukung Universal Binary dan kita memaksa untuk menjalankannya di komputer Mac berbasis Intel, Apple memberikan solusi, yaitu menggunakan teknologi Rosetta, Aplikasi Rosetta ini berfungsi untuk melakukan decode atau penerjemah instruksi dari aplikasi yang berbasis arsitektur pure PowerPC ke Intel-Based-Mac.

Banyak yang bilang sistem Rosetta ini “setengah memaksa”, Mengapa? Secara universal, arsitektur kedua prosesor itu berbeda(PowerPC dan Intel), Oke, ini diibaratkan dengan “bahasa”, PowerPC berbicara Bahasa Sunda dan Intel berbicara Bahasa Jerman 😀 tentunya kedua bahasa tersebut gak nyambung 😛 dan Rosetta itu-lah aplikasi penerjemah kedua instruksi(bahasa) tersebut.

Memang ada efek sampingnya ke sistem? Ya, tentu saja ada, proses decode instruksi prosesor membutuhkan waktu lebih, sehingga jika ada aplikasi pure PowerPC sedang berjalan di MacIntel dengan bantuan Rosetta, sudah bisa dipastikan kerja aplikasi tersebut akan terasa lebih lambat, saya sudah mencobanya di Laptop iBook G4(PowerPC G4) dan Desktop Mac Mini(Intel Core 2 Duo), apalagi jika RAM yang digunakan pas-pas-an 😛

Lalu, Bagaimana solusinya? Ya, sebaiknya memang cari aplikasi yang sudah Universal Binary, atau kalau masih keukeuh(bertahan) di instruksi PowerPC, cobalah untuk menambah RAM yang ada, karena kapasitas RAM lebih tinggi, maka proses decode instruksi juga akan lebih cepat.

Sudah mengerti kan  😉

**Aah, kalian mau tau aja 😛

6 thoughts on “Seputar Aplikasi PowerPC di Intel-Based Mac”

  1. Using Safari Safari 413 on SymbianOS SymbianOS 9.1

    Wah2 trus terang aku ga pake mac. Tp kayaknya mac mmg lbh universal, coz yg aku tau, windows bisa jalan di mac. Pinter dr segi marketing!! Oya keren2 WP versi PDA nya. Susah ga mbuatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *