Perbedaan Holland, the Netherlands dan Hal-hal Lainnya

Note: Penjelasan ini cukup ribet, dan bisa jadi membosankan. I’ve warned you 😀

Peta Belanda

Pada postingan ini kita akan membahas tempat dimana bunga tulip tumbuh, kincir angin berputar, prostitusi legal, orang sarapan dengan roti+cokelat, dan tempat dimana laut dikeringkan.

Ya, kita sekarang akan membahas tentang Holland. Tapi sayangnya, daerah yang akan kita bahas ini namanya bukan Holland.

Nama yang benar untuk daerah yang akan kita bahas ini adalah the Netherlands.

Menurut sejarahnya sendiri, daerah ini sudah sering berganti nama sejak ratusan tahun yang lalu, seperti The Dutch Republic (1581-1795), The United States of Belgium (1790), dan The Kingdom of Hollande (1806-1810).

Negeri Belanda(the Netherlands) sendiri terdiri dari 12 provinsi, yaitu:

  1. Groningen
  2. Drenthe
  3. Overijssel
  4. Gelderland
  5. Limburg
  6. North Brabant
  7. Zeeland
  8. Friesland
  9. Flevoland
  10. Utrech
  11. North Holland
  12. South Holland

So, karena 2 provinsi terakhir inilah yang membuat Negeri Belanda(the Netherlands) disebut dengan Holland, kenapa? Karena populasi Negeri Belanda  terbanyak ada di kedua provinsi itu dan kota besar seperti Amsterdam dan Keukenhof terletak di salah satu provinsi tersebut. Sampai-sampai situs resmi pariwisata negeri belanda diberi nama holland.com agar lebih friendly karena secara SEO kata “holland” lebih banyak dicari.

Orang yang tinggal di daerah Holland (North & South) disebut dengan Hollanders. Tapi, semua penduduk Belanda disebut dengan Dutch.

Jadi kesimpulanya adalah:

  1. Nama negaranya adalah the Netherlands (Negeri Belanda).
  2. Orangnya disebut dengan Dutch (orang belanda).
  3. Bahasa yang digunakan adalah Dutch (Bahasa Belanda).
  4. Tidak ada negara yang namanya Holland, tapi ada dua provinsi yang bernama South Holland dan North Holland di Negeri Belanda.

Sampai disini mengerti? Kalau iya, mari kita bahas lebih lanjut.

Negeri Belanda adalah bagian dari Kerajaan Belanda(The Kingdom of Netherlands). Kerajaan Belanda ini dipimpin oleh keluarga kerajaan Belanda (Dutch Royal Family).

Selain Negeri Belanda, Kerajaan Belanda sendiri memiliki 3 negara lain yang berlokasi di kepulauan Karibia, negara tersebut adalah Aruba, Curaçao, dan Sint Maarten.

Negara-negara itu walau di bawah naungan Kerajaan Belanda, mereka memiliki pemerintahan sendiri-sendiri dan mata uang sendiri.

Aruba dan Curaçao sendiri terletak di pulau yang terpisah walau masih berada di area kepulauan Karibia.

Khusus untuk Sint Maarten, negara ini terletak di bagian selatan pulau Saint Martin, dimana bagian utara pulau tersebut merupakan koloni perancis.

Garis kuning merupakan negara Sint-Maarten. Garis orange merupakan Saint-Martin (koloni Perancis). Sedangkan Garis hijau menandakan area pulau Saint-Martin

Jadi, Kerajaan Belanda memiliki perbatasan langsung dengan Republik Perancis (Overseas France), sekalipun di Eropa posisi kedua negara tersebut terhalang oleh Belgia.

Kenapa Kerajaan Belanda bisa ada di kepulauan Karibia? Jawabannya tentu saja karena Kolonialisasi Kerajaan Belanda, mereka berlayar mencari daerah yang berharga untuk dijajah, salah satunya Indonesia yang sempat dijajah oleh Belanda, jadi kita bisa bilang bahwa ketiga negara tersebut merupakan koloni Kerajaan Belanda.

Di kepulauan Karibia, ada tiga pulau yang merupakan bagian dari Negeri Belanda, pulau-pulau tersebut adalah:

  • Bonaire
  • Sint Eustatius
  • Saba

Perlu diingat, tiga pulau ini bukan negara koloni Kerajaan Belanda, tapi kota-kota bagian dari Negeri Belanda (Ya, Negeri Belanda yang ada di Eropa 😀 )

Warga yang tinggal di tiga pulau tersebut ikut pemilu yang diadakan di Negeri Belanda sama seperti Hollander lainnya, Uniknya walau bagian dari Negeri Belanda tiga pulau tersebut tidak masuk ke 12 provinsi di Negeri Belanda dan tidak memakai mata uang Euro, melainkan Dollar Amerika.

Sekumpulan pulau-pulau koloni belanda disebtu dengan Dutch Caribbean (Karibia Belanda), dan mereka semua yang tinggal baik di dutch caribbean maupun European Netherlands merupakan warga negara Belanda / Dutch citizen.

One more, Kerajaan Belanda tergabung dalam Uni Eropa, maka dari itu semua warga negara Belanda adalah warga negara Uni Eropa, tidak terkecuali bagi mereka yang tinggal di Karibia.

Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah, Kerajaan Belanda memiliki empat negara, enam pulau di Karibia, dan satu area di Eropa dengan dua belas provinsi.

One thought on “Perbedaan Holland, the Netherlands dan Hal-hal Lainnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *