Prosedur ke Luar Negeri Dengan Kendaraan Sendiri – Rusia ke Estonia

Perjalanan ke luar negeri dengan kendaraan sendiri di tanah Eropa sudah merupakan hal biasa, ini dikarenakan Eropa merupakan dataran yang luas, tidak seperti di Asia Tenggara, dari pulau Jawa ke Timor Leste saja kita harus menyeberang beberapa pulau.

Perjalanan lintas negara di kawasan Schengen sendiri justru mudah, tidak ada border, custom, dan kontrol paspor, namun bagaimana jika dari Russia ke kawasan Uni Eropa, apakah memungkinkan? Tentu saja, berikut prosedur membawa kendaraan dari Rusia ke Estonia(Uni Eropa).

Sebelum berangkat, pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi sehat dan tidak ada modifikasi berlebihan. Dokumen kendaraan yang dibutuhkan untuk berkendara lintas negara antara lain:

  • SIM Rusia dan SIM Internasional (SIM Internasional Indonesia berlaku)
  • Свидетельство о регистрации тс / Registrasi kendaraan, atau biasa kita sebut dengan STNK. Sebaiknya kendaraan di-registrasi sesuai dengan nama pengemudi.
  • Jika nama di STNK dan SIM Berbeda, dalam hal ini, menggunakan mobil sewaan, kita perlu surat kuasa dari pihak rental mobil yang ditandatangani notaris, diterjemahkan dalam bahasa Inggris.
  • Asuransi kendaraan yang berlaku di Uni Eropa, ini wajib.

Sedangkan dokumen untuk pengemudi dan penumpang tidak ada perbedaan, hanya paspor beserta visa.

Jalanan Rusia yang hampir tidak ada apa-apa
Jalanan Rusia yang hampir tidak ada apa-apa

Setelah semua dokumen siap, saatnya perjalanan dimulai, dari Saint Petersburg, masuk ke jalan E20, ikuti jalan tersebut sampai habis, karena ujung jalan itu merupakan perbatasan Rusia – Estonia, rute ini berjarak sekitar 150 km, dan dapat ditempuh selama kurang lebih 2,5 jam.

Mendekati perbatasan, jalanan akan terbagi menjadi 3, line untuk mobil dan motor pribadi, bis, dan truk, pastikan kita masuk ke jalur mobil dan motor pribadi, darisini, kita akan mulai mengantri, antrian di perbatasan bisa mencapai 3-6 jam, jadi bersiaplah menunggu lama dalam mobil 😀 tips dari saya, bawa makanan sendiri, sama seperti di Indonesia, makanan di perbatasan harganya 2 kali lipat lebih mahal 🙂

Post pertama yang akan kita hadapi adalah custom, dan kembali terbagi dua, kendaraan pelat Rusia dan kendaraan pelat asing, masuk ke jalan khusus pelat Rusia, disini dokumen kendaraan akan diperiksa, dan pihak custom akan menolak perjalanan ke luar negeri kalau kendaraan kita punya hutang tilang yang belum dibayar 😀 . Setelah urusan dokumen selesai, mereka akan memeriksa kendaraan kita, lama pemeriksaan ini tergantung kendaraan, jumlah barang yang kita bawa, gerak gerik kita, dan amal ibadah pengemudi.

Note: Saat di post custom, usahakan jangan tinggalkan kendaraan tanpa pengawasan, dan amati dengan seksama saat mereka memeriksa fisik kendaraan kita

Setelah urusan dengan custom selesai, kita akan menuju pos berikutnya, yaitu pos imigrasi, pos ini tidak terlalu jauh dari pos custom. Siapkan paspor untuk di cap tanda keluar dari Rusia.

Setelah semua dokumen beres, kita akan memasuki zona netral kedua negara, di zona ini, usahakan jangan berhenti kecuali dalam kondisi darurat. Saat masuk border Estonia, kita akan kembali mengantri, tapi tenang, tidak akan lama 😀 , siapkan dokumen seperti paspor, SIM, dan dokumen kendaraan. Post pertama yang akan kita hadapi adalah imigrasi, sama di Rusia, tinggal cap, lalu post custom, di post ini mereka hanya mencocokan STNK dengan pelat nomor mobil, selesai, tidak terlalu lama, bahkan tidak ada pengecekan fisik kendaraan.

Welcome to the European Union
Welcome to the European Union

Dan voila, selamat, kamu sudah berada di luar negeri dengan kendaraanmu sendiri 😀

Aturan berkendara di negara lain

Berkendara di negara lain tentunya tidak seperti berkendara di Rusia(loh, Rusia juga bukan negara sendiri :p ) Di negara-negara EU, aturan berkendara tertulis jelas dengan simbol yang mudah dimengerti, patuhi semua peraturan lalu lintas yang ada, meskipun tilang elektronik tidak akan berlaku untuk mobil pelat non-EU bukan berarti kalian bisa bebas ngebut-ngebutan di jalan yang lebih mulus dari jalanan Rusia, polisi bisa menilangmu di tempat dan siap-siap keluar uang besar untuk biaya tilang.

Tapi saya yakin, kalau taat aturan, perjalanan tentunya akan menyenangkan, dan, jalan-jalan di negara lain tentunya merupakan pengalaman yang mengasyikan.

Tertarik untuk mencoba? 😉

One thought on “Prosedur ke Luar Negeri Dengan Kendaraan Sendiri – Rusia ke Estonia”

  1. Using Safari Safari 603.1.30 on Mac OS X Mac OS X 10.12.4

    kalo dari Jakarta ke Tallinn, bisa naik mobil nggak? :thinking_face:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *