Pergantian paspor di KBRI Moskow

Paspor saya akan habis masa berlakunya di bulan April 2016 (yak tahun ini), visa saya habis bulan ini dan tidak bisa diperpanjang oleh pihak imigrasi Rusia, karena mewajibkan saya untuk mengganti paspor terlebih dahulu, mau tidak mau saya harus mengganti paspor tersebut, ada dua cara bagaimana mengganti (dulu namanya memperpanjang ) paspor. Pertama, datang ke kantor imigrasi terdekat di Indonesia. Kedua, datang ke perwakilan Indonesia di Luar Negeri, dalam hal ini karena saya sedang tidak berada di Tanah Air tercinta, maka saya putuskan untuk melakukan pergantian paspor di Kedutaan Besar Republik Indonesia Moskow. Berikut adalah pengalaman saya dalam pergantian paspor RI.

Persiapan pergantian paspor RI

Karena saya berada di luar kota Moskow, saya kirim e-mail ke pihak KBRI Moskow apakah bisa melakukan pergantian paspor melalui pos seperti di perwakilan Indonesia di beberapa negara, ternyata jawabannya TIDAK BISA, kita harus datang sendiri ke KBRI, dengan membawa beberapa syarat, berikut syarat yang diperlukan:

  • Paspor asli beserta fotokopi halaman identitas, visa aktif, dan izin tinggal.
  • Миграционная карта (kartu migrasi, lembaran kecil yang kita terima dari petugas imigrasi saat masuk ke Rusia).
  • Flashdisk berisi softcopy foto terbaru kita, sebaiknya dalam backgound merah.

Biaya yang diperlukan untuk pergantian paspor adalah US$10 untuk 24 halaman, dan US$ 30 untuk 48 halaman.

Note: Sampai tulisan ini diturunkan, KBRI Moskow belum bisa melayani pembuatan e-paspor. 🙂

Saran dari saya, bawa alat tulis (terutama pena hitam) dan cadangan softcopy foto, agar petugas kedutaan bisa memilih mana foto yang paling ganteng untuk paspor kita.

Proses pergantian paspor

Proses untuk pergantian paspor di KBRI sendiri sebenarnya cukup sederhana, bahkan lebih simpel daripada pergantian di kantor imigrasi di Indonesia, berikut langkah-langkahnya.

  1. Datang ke KBRI, ke bagian konsuler, bilang bahwa kita akan melakukan pergantian paspor, maka petugas akan memberikan kita formulir, isi formulir tersebut, tidak susah kok hanya mengisi nama, alamat, dan lain-lain, dan tentukan kita ingin paspor 24 atau 48 halaman.
  2. Berikan formulir, paspor berserta fotokopi-nya, dan flashdisk berisi softcopy pasfoto kita.
  3. Bayar biaya paspor langsung ke petugas, dan beliau akan memberikan kita bukti pembayaran dan resi pengambilan. Paspor baru kita akan jadi tergantung banyaknya pemohon, saat itu tidak ada pemohon, jadi paspor saya langsung jadi 😀
  4. Saat pengambilan paspor, periksa halaman identitas, pastikan tidak terjadi kesalahan, dan tandatangani paspor dengan pulpen hitam, dan dokumen lainnya seperti paspor lama, kartu migrasi, dll jangan sampai ketinggalan.

Dan, proses pergantian-pun selesai 😀

Paspor pun jadi
Paspor baru dan ID Card asrama.

Catatan:

Jika anda tinggal di luar kota dan akan pulang ke kota tempat anda tinggal, dalam kondisi memegang dua paspor, dan akan pulang dengan kereta, bis, atau pesawat domestik, ini akan sedikit membingungkan para petugas pemeriksaan tiket, beberapa dari mereka kadang-kadang membaca visa, dan tidak bisa membaca halaman identifikasi paspor karena dalam huruf latin, maka dari itu gunakan paspor lama, sebagai identifikasi saat di kereta, jika petugas menyadari ada tulisan “cancelled/dibatalkan”, tunjukkan paspor baru dan jelaskan bahwa kita tinggal di kota tujuan, dan berada di Moskow untuk melakukan pergantian paspor.

3 thoughts on “Pergantian paspor di KBRI Moskow”

  1. Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 31.0 on Linux Linux

    berat euy kalau engga ada KJRI .. wajib ke KBRI … tapi masih mending deng ada KBRI … saya pernah sepesawat sama orang Afrika yang tinggal di bandung … dia wajib pulang dulu ke negaranya karena di negaranya ada KBRI kita dan di Jakarta engga ada Kedutaannya … :mrgreen: PeEr banget

  2. Using Google Chrome Google Chrome 48.0.2564.95 on Android Android 4.3

    Thanks banget untuk informasihnya bulan may nanti mau perpanjang paspor.. Salam dari kota Kazan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *