Repotnya Prosedur Buka Rekening Bank di Rusia

Ini kejadian satu bulan yang lalu, baru saya tulis sekarang, jangan tanya alasannya ya ;)

Pagi itu saat saya sedang di kelas, pegawai dekanat datang menghampiri saya, dia menyuruh saya membuka rekening di Bank VTB24 ( ВТБ24 ) untuk urusan biaya hidup dari Pemerintah Rusia. Kalau urusan uang tidak akan saya lewatkan kesempatan ini tentunya, saya bertanya apa saja syarat untuk membuka rekening Bank, dari dan menurut dekanat syarat yang diperlukan adalah:

  • Paspor asli
  • Dokumen asli terjemahan paspor yang di stempel oleh notaris setempat.
  • fotokopi semua halaman paspor ( versi dekanat bilang, saya harus fotokopi semua halaman paspor, termasuk yang kosong)
  • Fotokopi surat registrasi (izin tinggal)

Dokumen yang cukup keberatan bagi saya adalah dokumen asli terjemahan paspor yang di stempel notaris setempat. Biaya menerjemahkan dokumen ini sangat mahal, dan sudah saya berikan aslinya saat registrasi kampus, mosok harus saya berikan lagi untuk pembukaan rekening.

Oke, dengan modal nekat, saya siapkan persyaratan versi saya sendiri:

  • Paspor asli
  • Fotokopi terjemahan paspor :D
  • Fotokopi semua halaman paspor, yang ada stempel saja :D
  • Fotokopi surat registrasi

Berbekal syarat ‘bikinan sendiri’ saya coba datangi Kantor Cabang VTB24 di Jalan Moskovskii, saya disapa ramah oleh Mbak CS yang cantik, saya jelaskan maksud saya membuka rekening, saat saya bilang saya mahasiswa beasiswa pemerintah Rusia, saya dilimpahkan ke lantai dua, bagian pembukaan rekening korporat, di lantai dua, kondisinya tidak seperti Bank, berantakan, saya berikan semua berkas yang diminta dan diminta untuk kembali lagi 20 hari kemudian.

Hebatnya, dia tidak mempermasalahkan mengenai syarat yang ‘berbeda’.  20 hari kemudian saya datang ke Bank, dan bertanya, apa kartu saya sudah jadi?

Ternyata masalah terjadi, dia tidak bisa proses rekening saya karena tidak mengerti isi paspor saya

Kondisi di BankApa? Bagaimana bisa dia tidak mengerti isi paspor saya, ternyata mbak Costumer Service yang cantik dan jelita ini tidak bisa membaca huruf alfabet, dan tidak mengerti bahasa inggris yang tertulis dalam paspor saya, #doh

Oke, saya agak sedikit marah  dan menyangkal bahwa sudah menerjemahkan dokumen tersebut, dia membaca terjemahan yang saya berikan, sialnya, dia kekeuh dengan format nama saya yang tidak sesuai dengan format Rusia. Duh.. Jelas-jelas di hadapan dia adalah orang asing, masih mempertanyakan kenapa nama saya tidak sesuai dengan format mereka, di sini, saya berargumen, buat nama saya seperti format Rusia, karena nama saya sudah tiga suku kata. Akhirnya dia mengalah juga :D

Selesai masalah? Belum! Yang terakhir adalah sistem komputer mereka tidak bisa input nomor paspor saya,  nomor paspor saya 8 digit, sedangkan input mereka disamakan dengan format paspor internal Rusia, 5 digit. Kali ini mereka tidak mau membantu karena field di komputer mereka tidak bisa ditambah sedangkan mereka harus input nomor sesuai dengan yang di paspor saya.

Sampai tahap ini , pihak bank banyak diskusi, dan menyita waktu cukup banyak, bahkan sampai hari sudah mulai gelap (FYI jam kerja Bank sampai jam 4 dan saat itu sudah musim gugur, dimana jam 3 matahari sudah terbenam), hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memotong nomor paspor saya di komputer Bank, dengan beberapa surat pernyataan yang harus saya tandatangani.

WP_20141106_003
Akhirnya kartu  pun jadi :)

Setelah selesai tandatangan sana sini, akhirnya saya di beri kartu ATM (dengan kondisi nama saya susunannya salah), terakhir dia menawarkan aktivasi internet banking, saya setuju, tapi saya disuruh menulis username dan password dalam lembaran aktivasi, baru kali ini saya melihat aktivasi internet harus menulis password di lembar aktivasi, akhirnya saya tidak jadi aktivasi internet banking, ambil kartu dan kembali ke asrama.

One thought on “Repotnya Prosedur Buka Rekening Bank di Rusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.