Category Archives: Tips

Cara Alternatif Mencegah Serangan Ransomware WannaCry selain Patch

Beberapa hari terakhir ini dunia disibukkan dengan eksisnya serangan Ransomware WannaCrypt atau WannaCry, menurut beberapa media, jenis serangan cyber ini bersifat  tersebar dan masif, serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), yang bisa dikategorikan teroris siber.

Continue reading Cara Alternatif Mencegah Serangan Ransomware WannaCry selain Patch

Prosedur ke Luar Negeri Dengan Kendaraan Sendiri – Rusia ke Estonia

Perjalanan ke luar negeri dengan kendaraan sendiri di tanah Eropa sudah merupakan hal biasa, ini dikarenakan Eropa merupakan dataran yang luas, tidak seperti di Asia Tenggara, dari pulau Jawa ke Timor Leste saja kita harus menyeberang beberapa pulau.

Perjalanan lintas negara di kawasan Schengen sendiri justru mudah, tidak ada border, custom, dan kontrol paspor, namun bagaimana jika dari Russia ke kawasan Uni Eropa, apakah memungkinkan? Tentu saja, berikut prosedur membawa kendaraan dari Rusia ke Estonia(Uni Eropa).

Continue reading Prosedur ke Luar Negeri Dengan Kendaraan Sendiri – Rusia ke Estonia

How to: Jailbreak iPod Touch OS 3.0 menggunakan blackra1n

Salah satu kelebihan iPod Touch adalah memungkinkannya ditambah aplikasi-aplikasi yang terdapat di iTunes App Store, aplikasi-aplikasi tersebut ada yang berbayar ada juga yang gratis, sayangnya untuk dapat mengunduh(download) aplikasi tersebut diperlukan account di iTunes, dan celakanya account tersebut tidak gratis, ya.. berbayar :p

Bagi anda yang merasa masih mampu untuk membayar untuk sebuah account di iTunes App Store, tidak masalah, tapi bagaimana dengan saya, yang uang tabungannya saja sudah habis dibelikan iPod Touch dan tidak mampu lagi membeli aplikasi. Tentunya sangat tidak nikmat jika kita menggunakan iPod Touch hanya untuk browsing, lihat maps, lihat weather, dan dengarkan musik.

Karena itulah muncul teknik Jailbreak, yaitu proses dimana Sistem Operasi iPod dapat menerima aplikasi yang diunduh(download) bukan dari App Store resmi, ternyata proses jailbreaking tidak selalu sama dan berjalan mulus seperti biasanya, saya saja beberapa kali mengalami kendala, walau akhirnya saya berhasil melakukan proses jailbreak iPod Touch saya, dan tentunya akan saya jelaskan cara jailbreak iPod di blog ini, tapi ingat, cara atau alurnya mungkin berbeda dengan iPod yang lain, tergantung dengan versi software iPod itu sendiri.

Oke, kali ini saya menggunakan Blackra1n, aplikasi ini dapat di download di situs ini, tersedia untuk Mac OS X dan Windows, hanya kali ini saya gunakan versi Windows, oke, setelah itu hubungkan iPod dengan PC menggunakan kabel data iPod, jalankan aplikasi blackra1n, maka iPod akan restart dan menampilkan layar seperti ini.

Hanya saja, dalam kasus iPod saya, kalau kita diamkan logo Apple akan terus muncul dan tidak berubah bahkan sampai diatas 30 menit logo tersebut masih akan ada, tenang saja, itu normal, lakukan soft reset dengan menekan tombol home dan sleep, maka logo Apple akan hilang seperti screenshot dibawah.

Setelah itu akan muncul tampilan Sync in Progress, sedikit berbeda dengan proses sync pada iTunes, pada proses ini iPod akan terasa seperti crash, tidak ada yang bisa digeser, bahkan tombol slide to cancel tidak akan bisa digeser, dan posisi itu masih normal, diamkan hingga proses jailbreaking selesai.

Proses jailbreaking selesai jika sudah tampil locked screen default dari iPod dengan wallpaper, ya.. Wallpaper bukan simbol batere seperti layaknya iPod jika dihubungkan dengan PC, iPod yang selesai jailbreaking tidak seperti terhubung dengan PC, jika anda ingin menghubungkannya dengan iTunes, lepaskan dan pasang kembali kabel data iPod.

Oke, gambar diatas menunjukkan proses jailbreak iPod telah selesai, dan setelah itu anda akan menemukan aplikasi blackra1n pada springboard. Saya menggunakan aplikasi Cydia sebagai pengganti aplikasi App Store 😀

Happy Jailbreaking 🙂

Disclaimer: Jailbreaking adalah proses membajak aplikasi  yang berarti ilegal, penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada iPod/iPhone anda. Use at your own risk.

Referensi:

Membuat Facebook nyaman digunakan

Siapa sih yang tidak kenal Facebook?

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Sudah saya kutip dari Wikipedia berbahasa Indonesia, seperti apa gerangan Facebook itu 😀

Saya menggunakan situs jejaring sosial ini sudah cukup lama, sejak 2006, hanya saja saat itu situs ini belum seramai sekarang, masih sepi, dan isinya hanya sekumpulan orang asing semua, berbeda sekali dengan sekarang, dimana Facebook popularitasnya di Indonesia sudah mengalahkan Friendster.

Sayangnya semakin banyak user di Indonesia, semakin banyak pula user sampah, seperti promosi dan lain sebagainya, saya sendiri cukup kesal ketika banyak sekali orang yang menulis status update berisi hal-hal yang aneh dan gak penting, hingga akhirnya saya mengkonfigurasi account Facebook saya sedemikian rupa agar lebih nyaman digunakan, berikut adalah beberapa konfigurasi yang telah saya lakukan

  • Sembunyikan status update yang annoying. Cukup dilematis ketika temen SD saya tiap online hanya melakukan promosi, nge-junk, dan menulis status update yang tidak berguna lainnya, saya tidak bisa menghapusnya dari friendlist saya karena saya kenal dengan dia, so, let’s hide it
  • Hapus teman-teman yang  tidak begitu dikenal. Saya memiliki 1000 lebih teman, semuanya kenal, walau belum semuanya sempat bertemu, tapi apa boleh buat, saya terpaksa menghapus teman yang tidak begitu penting bagi saya, tapi terkesan menggangu, opsi ini jarang sekali saya gunakan.
  • Atur privacy, facebook memiliki fasilitas untuk mengatur siapa saja yang memperbolehkan melihat poin-poin yang ada di profile saya, seperti contohnya,saya tetap mempublikasikan nomor ponsel saja, tapi tentunya hanya orang terdekat saja yang dapat mengetahui.
  • Hilangkan tombol Add as Friend. Dan biasakan mengirim pesan terlebih dahulu, seperti ini contohnya

Banyak yang bertanya? Kenapa saya menghilangkan tombol Add as Friend? sombong, gak mau di add? bukan itu, saya memang menghilangkan tombol tersebut, tapi saya tidak menghapus tombol Send a Message. Biasakanlah jika ingin berkenalan, kirim pesan ke saya, toh jika niat anda memang baik ingin berkenalan, saya juga akan add kok 🙂

So, gunakanlah layanan ini dengan baik 🙂