All posts by Anggie

The administrator and owner of this blog :)

Perbedaan Holland, the Netherlands dan Hal-hal Lainnya

Note: Penjelasan ini cukup ribet, dan bisa jadi membosankan. I’ve warned you ūüėÄ

Peta Belanda

Pada postingan ini kita akan membahas tempat dimana bunga tulip tumbuh, kincir angin berputar, prostitusi legal, orang sarapan dengan roti+cokelat, dan tempat dimana laut dikeringkan.

Ya, kita sekarang akan membahas tentang Holland. Tapi sayangnya, daerah yang akan kita bahas ini namanya bukan Holland.

Nama yang benar untuk daerah yang akan kita bahas ini adalah the Netherlands.

Menurut sejarahnya sendiri, daerah ini sudah sering berganti nama sejak ratusan tahun yang lalu, seperti The Dutch Republic (1581-1795), The United States of Belgium (1790), dan The Kingdom of Hollande (1806-1810).

Negeri Belanda(the Netherlands) sendiri terdiri dari 12 provinsi, yaitu:

  1. Groningen
  2. Drenthe
  3. Overijssel
  4. Gelderland
  5. Limburg
  6. North Brabant
  7. Zeeland
  8. Friesland
  9. Flevoland
  10. Utrech
  11. North Holland
  12. South Holland

So, karena 2 provinsi terakhir inilah yang membuat Negeri Belanda(the Netherlands) disebut dengan¬†Holland, kenapa? Karena populasi Negeri Belanda¬† terbanyak ada di kedua provinsi itu dan kota besar seperti Amsterdam dan Keukenhof terletak di salah satu provinsi tersebut. Sampai-sampai situs resmi pariwisata negeri belanda diberi nama holland.com agar lebih friendly karena secara SEO kata “holland” lebih banyak dicari.

Orang yang tinggal di daerah Holland (North & South) disebut dengan Hollanders. Tapi, semua penduduk Belanda disebut dengan Dutch.

Jadi kesimpulanya adalah:

  1. Nama negaranya adalah the Netherlands (Negeri Belanda).
  2. Orangnya disebut dengan Dutch (orang belanda).
  3. Bahasa yang digunakan adalah Dutch (Bahasa Belanda).
  4. Tidak ada negara yang namanya Holland, tapi ada dua provinsi yang bernama South Holland dan North Holland di Negeri Belanda.

Sampai disini mengerti? Kalau iya, mari kita bahas lebih lanjut.

Continue reading Perbedaan Holland, the Netherlands dan Hal-hal Lainnya

Cara Alternatif Mencegah Serangan Ransomware WannaCry selain Patch

Beberapa hari terakhir ini dunia disibukkan dengan eksisnya serangan Ransomware WannaCrypt atau WannaCry, menurut beberapa media, jenis serangan cyber ini bersifat  tersebar dan masif, serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), yang bisa dikategorikan teroris siber.

Continue reading Cara Alternatif Mencegah Serangan Ransomware WannaCry selain Patch

Prosedur ke Luar Negeri Dengan Kendaraan Sendiri – Rusia ke Estonia

Perjalanan ke luar negeri dengan kendaraan sendiri di tanah Eropa sudah merupakan hal biasa, ini dikarenakan Eropa merupakan dataran yang luas, tidak seperti di Asia Tenggara, dari pulau Jawa ke Timor Leste saja kita harus menyeberang beberapa pulau.

Perjalanan lintas negara di kawasan Schengen sendiri justru mudah, tidak ada border, custom, dan kontrol paspor, namun bagaimana jika dari Russia ke kawasan Uni Eropa, apakah memungkinkan? Tentu saja, berikut prosedur membawa kendaraan dari Rusia ke Estonia(Uni Eropa).

Continue reading Prosedur ke Luar Negeri Dengan Kendaraan Sendiri – Rusia ke Estonia

Masalah kemacetan di Bandung

Saya orang Bandung, memiliki KTP Kota Bandung, tapi saya termasuk dengan warga Bandung lainnya cukup kesal karena kemacetan di kota Bandung sudah semakin parah.

Banyak orang menyalahkan kemacetan ini dengan hal-hal teknis, seperti jalan sempit, traffic light tidak berfungsi, dan lain sebagainya, tapi ada satu aspek yang lebih penting, namun enggan mereka bahas, yaitu aspek manusia, dan saya akan bahas hanya aspek ini.

Menurut saya, masalah kemacetan di kota Bandung (dan mungkin kota-kota lainnya) terletak di egois, tidak sabar, dan tidak patuh terhadap peraturan. Mari kita bahas satu persatu.

Continue reading Masalah kemacetan di Bandung

Review: GoPro Hero+ LCD

Setelah beberapa minggu ini asyik bermain dengan action cam Sony HDR AS50, ada yang buat saya penasaran, sebenarnya sebagus apa produk GoPro, dan kenapa produk ini bisa sangat mainstream, atas dasar itu, saya mencoba untuk mencari Action Cam GoPro, karena saya sudah memiliki Sony HDR AS50, maka saya mencari GoPro yang satu level dengan action cam yang saya punya, akhirnya saya membeli GoPro Hero+ LCD.

Continue reading Review: GoPro Hero+ LCD

Review: Sony HDR-AS50 Action Cam

Pernah dengar¬†Action cam?¬†Atau¬†Sport cam? Ya, kamera jenis ini semakin menjamur belakangan ini. Di Indonesia, kamera jenis ini didominasi oleh JaPro GoPro, bahkan sebutan¬†“GoPro” sendiri bagi sebagian kalangan sudah menjadi sebutan¬†default untuk sebuah¬†action cam, jadi, jangan heran kalau ada percakapan seperti ini:

“Eh, aku beli GoPro merek ABC loh di Mangga Dua, hasilnya keren walaupun murah”

Perusahaan yang memproduksi action cam ini tidak cuma GoPro dengan seri HERO-nya, Garmin pun membuat kamera jenis ini dengan seri VIRB-nya, Tomcat TomTom dengan Bandit-nya, dan Sony dengan seri Action Cam-nya.

Karena saya termasuk golongan anti mainstream maka saya iseng-iseng memilih action cam dengan merk Sony, dan berikut adalah review Sony HDR AS50 Action Cam.

Continue reading Review: Sony HDR-AS50 Action Cam

Tisu dan Teko di Toilet

Di Indonesia, tepatnya di beberapa rumah makan (biasanya rumah makan padang) mereka menyediakan tisu untuk beberapa keperluan seperti membersihkan alat makan, hingga membersihkan mulut, bagi kita yang lama tinggal di negeri sendiri tentunya tidak asing, namun, bagi orang asing yang berkunjung ke Indonesia dan melihat tisu tersebut, mereka akan merasa aneh, risih, bahkan jijik, mengapa? Tentunya kalian mengerti seperti apa bentuk tisu tersebut

Continue reading Tisu dan Teko di Toilet